PeristiwaPolitik

Ikut Daftar Capim KPK, Pj Gubernur Bali dan Kajati Bali Lolos Seleksi Administrasi

Jakarta |
Panitia Seleksi (Pansel) Calon Pimpinan dan Dewan Pengawas (Capim Dewas) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) periode 2024-2029 hari ini mengumumkan hasil seleksi tahap awal.

Pengumuman yang disampaikan oleh Ketua Pansel Capim dan Dewas KPK Muhammad Yusuf Ateh menyatakan, bahwa Penjabat (Pj) Gubernur Bali Sang Made Mahendra Jaya, dan Kepala Kejaksaan Tinggi (Kajati) Bali Ketut Sumedana telah lolos lolos seleksi administrasi beserta calon pimpinan KPK lainnya.

Pj Gubernur Bali Sang Made Mahendra Jaya. (Foto: Ilustarsi/Ist.)

“Dari total 318 pendaftar calon Pimpinan KPK, 236 orang dinyatakan lolos seleksi administrasi, sementara dari 207 pendaftar calon Dewan Pengawas KPK, 146 orang lolos seleksi administrasi,” ujar Muhammad Yusuf Ateh, di Gedung Utama Kementerian Sekretariat Negara (Kemsetneg), Jakarta Pusat, Kamis (25/7).

Lebih lanjut Yusuf Ateh menyampaikan bahwa calon pimpinan KPK yang lolos terdiri dari 221 laki-laki dan 15 perempuan, sedangkan calon Dewas KPK terdiri dari 130 laki-laki dan 16 perempuan.

“Sebagian besar calon pimpinan KPK berasal dari latar belakang akademisi, Pegawai Negeri Sipil (PNS), Hakim, Anggota Polri, dan Jaksa, sementara calon Dewas KPK mayoritas berasal dari akademisi, hakim, dan PNS,” ungkapnya.

Kajati Bali Ketut Sumedana. (Foto: Ilustarsi/Ist.)

Dibandingkan dengan seleksi periode sebelumnya pada tahun 2019, sambungnya, jumlah dan persentase calon yang lolos seleksi administrasi mengalami kenaikan.

“Pada tahun 2019, dari 376 pendaftar, hanya 192 orang atau 51 persen yang dinyatakan lolos,” tutup Ketua Pansel Capim dan Dewas KPK Muhammad Yusuf Ateh.

Daftar nama Capim Dewas KPK periode 2024-2029 yang lolos

Nama-nama yang lolos seleksi administrasi dapat dilihat di website Kementerian Sekretariat Negara (www.setneg.go.id) dan website Komisi Pemberantasan Korupsi (www.kpk.go.id).

Calon yang dinyatakan lolos akan mengikuti seleksi tahap berikutnya berupa tes tertulis pada 31 Juli 2024 di Gedung Pusat Pengembangan Kompetensi ASN Kementerian Sekretariat Negara, Jakarta Selatan.

Panitia Seleksi mengundang masyarakat untuk memberikan tanggapan terhadap nama-nama peserta seleksi melalui website Administrasi Panitia Seleksi Elektronik (APEL) di https://apel.setneg.go.id atau melalui email ke pansel.capim.kpk@setneg.go.id dan pansel.cadewas.kpk@setneg.go.id, mulai 24 Juli hingga 24 Agustus 2024.

Pendaftaran calon dimulai pada 26 Juni hingga 15 Juli 2024. Setelah tahapan seleksi, 10 nama calon pimpinan KPK dan 10 nama calon Dewas KPK yang memenuhi kriteria akan diserahkan kepada Presiden Joko Widodo untuk diteruskan ke DPR RI guna uji kelayakan dan kepatutan di Komisi III.

Berita: Gate 13 | Foto: Dok./Istimewa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.