Mabes Polri Kembali Rotasi Pati, Putu Jayan Danu Putra Jabat Kapolda Bali Gantikan Petrus Golose

Jakarta |
Markas Besar Kepolisian Negara Republik Indonesia (Mabes Polri), Senin (16/11), kembali melakukan rotasi beberapa jajaran perwira tinggi (Pati) di tingkat Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia Daerah (Kapolda) dan tingkat Kepolisian Resor (Polres).

Dalam Surat Telegram Kapolri nomor ST/3222/XI/KEP/2020 tentang pemberhentian dan pengangkatan dari dan dalam jabatan yang diteken Asisten SDM Polri Inspektur Jenderal (Irjen) Pol Sutrisno Yudi Hermawan, diantara nama yang terkena mutasi adalah Irjen Pol Petrus Reinhard Golose yang memegang rekor Kapolda terlama selama empat tahun, sejak 12 Desember 2016.

Selama menjabat Kapolda Bali, jenderal spesialis anti teror itu terbilang sukses menjalankan tugasnya seperti pemberantasan premanisme, kasus penipuan, narkoba, kejahatan perbankan, dan lainnya.

Selanjutnya Golose akan dipindahtugaskan sebagai Pati Badan Reserse Kriminal (Bareskrim) Polri dan digantikan oleh Irjen Pol Putu Jayan Danu Putra.

Sebelum dipercayakan Kapolri Jenderal Polisi Idham Azis untuk menduduki posisi Kapolda Bali, Irjen Pol Putu Jayan Danu Putra menjabat sebagai Widyaiswara Kepolisian Utama pada Sekolah Staf dan Pimpinan Menengah Lembaga pendidikan dan Pelatihan (Sespim Lemdiklat) Polri.

Irjen Pol Putu Jayan Danu Putra merupakan putera asli Bali kelahiran Kota Jakarta, memulai karir di kepolisian dengan pangkat Inspektur Polisi Dua (Ipda) sebagai Perwira Pertama (Pama) Kepolisian Resor Kota (Polresta) Bekasi Polda Metro Jaya di tahun 1990.

Berbagai jabatan di lingkungan Polri pernah diemban oleh lulusan Akademi Angkatan Bersenjata Republik Indonesia (Akabri) tahun 1989 itu. Usai menuntaskan pendidikan Akabri, Putu Jayan Danu Putra juga sempat mengenyam pendidikan di Perguruan Tinggi Ilmu Kepolisian (PTIK) hingga lulus tahun 1996.

Sebelum menjabat Widyaiswara Utama pada Sespim Lemdiklat Polri, peraih Penghargaan Satyalancana Pengabdian 24 Tahun di bulan Desember 2013 itu pernah ditugaskan diluar struktur sebagai Pati Staf Sumber Daya Manusia (SSDM) Polri dengan menjabat Kepala Biro (Karo) Umum Sekretariat Militer Presiden (Setmilpres).

Berita: Sigit | Foto: Istimewa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: