Presiden akan Sertifikatkan Semua Lahan Tempat Ibadah

Palembang |
Presiden Joko Widodo menyerahkan 490 sertifikat untuk masjid dan mushola.

Program pemberian sertifikat untuk tempat-tempat ibadah ini akan dilakukan di semua provinsi, karena banyak tempat-tempat ibadah yang belum bersertifikat.

“Ini akan kita sertifikatkan semuanya, baik masjid, baik mushola, kemudian gereja, vihara, klenteng. Semuanya akan kita sertifikatkan,” kata Presiden Jokowi usai menyerahkan Kartu Indonesia Pintar (KIP) dan Program Keluarga Harapan (PKH), di Palembang Sport Center Convention Center (PSCC), Palembang, Senin (22/1).

Menurut Jokowi, pemberian sertifikat untuk tempat-tempat ibadah akan menjadi tanda bukti hak hukum atas tanah yang ada. “Sehingga nantinya akan memudahkan dalam  menyelesaikan masalah-masalah yang ada di internal,” tuturnya.

Terkait akan dilaksanakannya pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak di Sumatera Selatan tahun ini, Jokowi mengingatkan proses demokrasi pemilihan pemimpin itu berlangsung 5 tahun sekali.

Maka dari itu, Presiden Jokowi selaku kepala negara mempersialahkan rakyat memilih pemimpin yang paling baik yang ada di daerah masing-masing.

“Jangan sampai karena pilihan yang berbeda antar tetangga, antar kampung menjadi tidak rukun. Jangan sampai karena pilihan yang berbeda antar suku, apalagi, tidak rukun. Jangan sampai,” kata Jokowi mengingatkan.

Indonesia, lanjut Jokowi, merupakan negara besar yang memiliki 714 suku, 17 ribu pulau, dan 1.100 lebih bahasa daerah, dengan adat istiadat yang berbeda-beda.

“Agama berbeda, suku berbeda, adat istiadat berbeda. Inilah anugerah Allah yang diberikan kepada bangsa Indonesia,” pungkasnya.

Saat berlangsung acara, tampak hadir beberapa pejabat tinggi negara, diantaranya ATR/Kepala BPN Sofyan Jalil, Kepala Staf Presiden Moeldoko, Kapolri Jenderal Tito Karnavian, dan Gubernur Sumatera Selatan Alex Noerdin.

Selain itu, juga tampak sejumlah tokoh agama dalam rangka penyerahan sertifikat tanah-tanah badan agama, tanah-tanah wakaf, dan rumah-rumah ibadah.

Berita: Mh | Foto: Istimewa/Setkab

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.