Penyerahan SK dan Orientasi CPNS Kemenkumham Aceh Dihadiri Wagub

Banda Aceh |
Wakil Gubernur (Wagub) Aceh Nova Iriansyah menghadiri acara penyerahan Surat Keputusan Calon Pegawai Negeri Sipil (SK CPNS) Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kanwil Kemenkumham) Aceh, di Anjong Mon Mata, Banda Aceh, Senin (22/1).

“Diharap penambahan PNS ini dapat meningkatkan kinerja Kanwil Kemenkumham Aceh di masa yang akan datang,” kata Wagub Nova Iriansyah dalam sambutannya.

Diakui oleh Nova, minat masyarakat untuk menjadi PNS cukup tinggi karena statusnya dianggap cukup bergengsi, dan merupakan jabatan yang nyaman. Akibatnya PNS menjadi santai, kurang berinovasi, dan cenderung mengutamakan kepuasan atasan.

“Saya sendiri tidak sepenuhnya sependapat dengan pandangan miring itu, sebab pada kenyataannya masih ada PNS yang bekerja keras dan mampu melakukan inovasi,” tegas Nova.

Menurutnya, peningkatan kinerja mutlak harus dilakukan. Itu sebabnya, sambung Nova, Reformasi Birokrasi menjadi agenda penting dalam setiap program yang dijalankan Pemerintah.

“Semangat menghadirkan good governance dan clean government merupakan keharusan dalam setiap pemerintahan,” tuturnya.

Untuk menjadi pekerja profesional, sambung Wagub Nova Iriansyah, ada tiga hal yang harus diperhatikan. “Yaitu Keterampilan, Komitmen dan loyalitas,” pesan Nova kepada para CPNS.

Ketiga hal tersebut, lanjutnya, akan menjadi tolak ukur penempatan seorang PNS pada jabatan tertentu.“Kami selaku Kepala Pemerintah Aceh memberi perhatian khusus kepada upaya peningkatan kepatuhan PNS dalam menjalankan tugas di daerah ini,” ujarnya

Wagub juga mengingatkan, di tubuh PNS juga ada sanksi tegas yang akan diberikan jika melakukan pelanggaran.

“Jika di jajaran TNI/Polri ada prajurit yang dipecat karena pelanggaran berat, maka di lingkup PNS juga berlaku sanksi hukum yang sama,” jelas Nova.

Untuk itu dirinya mengajak para PNS tersebut untuk dapat menjalankan amanah yang diberikan dengan sebaik mungkin.

Berita: Machfud | Foto: Istimewa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: