Pemprov DKI Luncurkan Kapal Ambulans Prof Abdulrachman Saleh

Jakarta |
Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta mendorong hadirnya kesetaraan dan keadilan sosia bagi seluruh warga Jakarta, termasuk juga menghadirkan kesetaraan akses kesehatan bagi warga Jakarta yang tinggal di Kepulauan Seribu.

Guna mewujudkan akses kesehatan tersebut, Pemprov DKI Jakarta meluncurkan Kapal Ambulans Prof Abdulrachman Saleh. Peluncuran tersebut secara simbolis digelar di Ruang Pola, Balai Kota DKI Jakarta, Kamis (23/12).

Gubernur Provinsi DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan mengatakan bahwa kapal ambulans ini merupakan ikhtiar Pemprov DKI Jakarta dalam menghadirkan kesetaraan akses dan pelayanan kesehatan.

“Kita ingin mereka yang tinggal di kepulauan merasakan kesetaraan pelayanan. Kita sedang mengirimkan pesan pada seluruh penduduk Ibu Kota bahwa kesetaraan kesempatan dan pelayanan harus hadir. Itu artinya apa yang dikerjakan di daratan harus bisa dikerjakan juga di wilayah kepulauan,” ucapnya.

Foto: Istimewa

Dalam kesempatan tersebut Gubernur Anies juga memaparkan makna pemberian nama pada Kapal Ambulans tersebut yaitu Abdulrachman Saleh, yang merupakan seorang pahlawan nasional asal Jakarta.

Menurut Anies, sosok Abdulrachman Saleh juga merupakan dokter pada periode awal kemerdekaan, ahli ilmu faal, perintis teknologi radio, sekaligus perintis penerbangan Indonesia.

“Nama yang diberikan adalah Prof dr Abdulrachman Saleh. Terima kasih yang sudah hadir di sini, keluarga dari Bapak Abdulrachman Saleh. Semasa hidup beliau dijuluki karbol yang berarti teladan. Dia salah seorang dokter periode awal dari Jakarta, bapak ilmu faal, dan lain sebagainya,” tuturnya.

Disebutkan oleh Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, bahwa republik ini dipenuhi orang yang menghibahkan nyawanya untuk memperjuangkan keadilan.

”Bukan semata-mata merdeka, dan ketika kapal ambulans ini mau diberi nama, kita harus memberi nama yang membawa pesan dan Abdulrachman Saleh ini sangat tepat,” pungkasnya.

Kapal Ambulans Prof Abdulrachman Saleh ini merupakan kapal ambulans gawat darurat pertama yang mempunyai tiga ruangan, antara lain ruang advance, ruang infeksius yang di dalamnya terdapat hepafiler, dan ruang basic dan perina yang dilengkapi dengan inkubator.

Diharapkan hadirnya kapal Ambulans Prof Abdulrachman Saleh dapat membantu penanganan layanan kesehatan yang bersifat darurat.

Berita: Red/Mh | Foto: Ist.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: