Kukuhkan Pasemetonan Ksatria Kembengan, SM Mahendra Jaya: Bantu Sesama dan Tingkatkan SDM

Denpasar |
Penjabat (Pj) Gubernur Bali Sang Made Mahendra Jaya menghadiri Pengukuhan Pasemetonan Ksatria Kembengan Taman Bali di GOR Desa Adat Taman Bali, Bangli, Bali, Minggu, (15/10).

Dalam sambutannya, Pj Gubernur Bali SM Mahendra Jaya yang juga selaku Penglingsir Pasemetonan Ksatria Kembengan Taman Bali menyampaikan acara rangkaian pengukuhan bisa menjadi momentum untuk mempererat hubungan pratisentana Ksatria Kembengan Taman Bali serta mengasah dan meningkatkan kepekaan sosial serta kepedulian intern dan antar sesama krama Bali.

“Semoga ini bisa menjadi wadah untuk menjalin simakrama untuk memperkuat akar pasemetonan kita, jika sudah dipelihara dengan baik, dipupuk dan dirawat dengan baik tentu tumbuhnya akan baik pula. Dan yang terpenting kita bangun sikap saling tolong menolong sesama warga pasemetonan dan warga Bali secara umum,” tuturnya.

Dikatakan oleh Mahendra, bahwa harapan tersebut juga sejalan dengan arahan langsung dari Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) terkait penanganan kemiskinan ekstrem yang saat ini tengah dialami masyarakat Bali.

“Akan sangat tidak adil kalau saat ini masih ada semeton kita di Bali yang masih berada dibawah garis kemiskinan. Inilah yang perlu kita tingkatkan terus, dengan semangat gotong royong kita bantu semeton kita yang membutuhkan. Kita di Bali pada dasarnya memiliki sifat merasa tidak enak, apa lagi kalau tidak dilibatkan. Dan saat dilibatkan tentu akan merasa dihargai dan akan semangat mendukung apa yang dilaksanakan,” katanya.

Untuk itu, sambung Mahendra Jaya, dirinya menyarankan dalam program yang dilaksanakan Pasemetonan Ksatria Kembengan Taman Bali turut mencakup program sosial untuk membantu sesama.

“Di samping itu, mari laksanakan program untuk membangun Sumber Daya Manusia (SDM) kita. Agar nantinya generasi penerus kita memiliki kemampuan yang berkualitas, unggul serta memiliki daya saing, dan tentunya tidak melupakan karakter kearifan lokal kita,” pungkasnya.

Sementara itu, Ketua Panitia Sang Made Sudarsana menyampaikan apresiasi atas kehadiran Pj Gubernur Bali dalam acara Pengukuhan Pasemetonan Ksatria yang baru saat ini bisa diwujudkan.

“Setelah sebelumnya dilaksanakan pula Loka sabha di merajan Galiran, pengambilan Keputusan pada 1 Juni 2023, hingga saat ini dikukuhkan,” terangnya.

Senada dengan Pj Gubernur Bali SM Mahendra Jaya, SM Sudarsana pun berharap Pasemetonan semakin mempererat hubungan warga Ksatria Kembengan. “Dalam lingkup intern maupun mempersatukan selaku komponen masyarakat Bali,” imbuhnya.

Acara turut dihadiri diantaranya oleh Bupati Bangli Sang Nyoman Sedana Arta, dan Kepala Dinas (Kadis) Pemajuan Masyarakat Adat Provinsi Bali IGAK Kartika Jaya Seputra.

Berita: Gate 13 | Foto: Ist.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.