Jaktim Targetkan Peserta Pelatihan OK OCE 40 Ribu Orang

Jakarta |
Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Timur mentargetkan dalam 5 tahun ke depan 40 ribu peserta mendapat pelatihan enterpreneurship dalam program One Kecamatan One Center of Enterpreneurship (OK OCE).

Hal itu diungkapkan Sekretaris Kota Jakarta Timur (Sekko) Usmayadi ketika membuka pelatihan dasar OK OCE di Kantor Kecamatan Cipayung, Rabu (28/2).

Lebih lanjut Sekko Jaktim Usmayadi yang didampingi Camat Cipayung IIn Muthmainah dan perwakilan dari Suku Dinas Koperasi Usaha Kecil Menengah dan Perdagangan Jakarta Timur Rini, mengatakan, ini merupakan kegiatan pembinaan kewirausahaan yang dilaksanakan Pemprov DKI Jakarta bersama Perkumpulan Gerakan OK OCE (PGO) yang dipimpin oleh Coach Farransyah.

Dijelaskan oleh Usmayadi, di Jakarta Timur kegiatan ini dilakukan mulai dari rekrutmen peserta di Kecamatan dengan target jumlah peserta sebanyak 40 ribu orang selama 5 tahun. Para peserta terdiri dari para pencari kerja, wirausaha pemula dan wirausaha naik tingkat.

Menurut Usmayadi, Sudin Koperasi Usaha Kecil Menengah dan Perdagangan Jakarta Timur pada tahun anggaran 2018 ini akan merekrut peserta sebanyak 800 orang per kecamatan.

Pembinaan kewirausahaan tersebut merupakan pelatihan soft skill atau management usaha melalui metode coaching terapan, yang terdiri dari 3 tahap yaitu pembinaan tingkat dasar, pembinaan usaha mikro-kecil dan pembinaan usaha kecil-menengah.

“Mereka yang terampil dan mempunyai skill serta melakukan wirausaha yang baik akan diberi pinjaman pemerintah melalui Bank DKI,” katanya.

Dengan demikian bagi yang belum mempunyai kemampuan dan keahlian, tentu tidak diberi pinjaman. Karena itu diharapkan seluruh peserta pelatihan OK OCE mengikutinya dengan baik dan seksama guna meningkatkan taraf hidup dan kewirausahaannya.

Diharapkan seluruh peserta mengikuti pembinaan dengan penuh konsentrasi agar menjadi wirausaha yang baik, dan meningkatkan taraf hidupnya.

Sementara Sekcam Ciracas Mujiono yang mewakili Wakil Walikota Jakarta Timur M Anwar, Selasa (27/2), di depan 100 orang peserta OK OCE menilai program kewirausahaan tersebut mendapatkan respon positif masyarakat.

“Ini terbukti dengan banyaknya peserta untuk hadir. Materi yang disampaikan juga sangat menarik sehingga pasti memberikan ilmu kepada seluruh peserta,” kata Sekcam Mujiono.

Namun diharapkan mentor yang memberikan pembelajaran bagi seluruh peserta itu tidak putus pada hari ini saja.
“Manfaatkan dengan baik pelatihan dasar OK OCE karena merupakan upaya pemerintah untuk menambah ilmu untuk para pengusaha baru atau pengusaha yang ingin mengembangkan bisnisnya,” tandas Mujiono.

Mengenai jadwal pelatihan dasar OK OCE seluruh kecamatan, Kepala Sudin Kominfotik Jakarta Timur Yuliarto, Kamis (1/3), mengungkapkan bahwa itu telah disusun jadwalnya.

Dari jadwal yang disusun Kepala Sudin Koperasi Usaha Kecil dan Menengah Serta Perdagangan Jaktim Samsu Rizal Kadafi, sejak 20-28 Februari lalu telah meliputi 23 angkatan atau 2.300 peserta dari 10 kecamatan.

Berita: Pri | Foto: Istimewa/Pri

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.