Launching KE{M}BALI, Rudiantara: Anak Bangsa Harus Mandiri di Era Digital

Badung |
Menteri Komunikasi dan Informasi (Menkominfo) Rudiantara mengajak anak bangsa untuk mengurangi pola pikir menjadi pekerja, serta mampu bertindak mandiri.

“Pola pikir kita harus berubah, kedepannya anak-anak harus mandiri, manfaatkan teknologi bagaimana buat lapangan pekerjaan,” kata  Rudiantara saat menghadiri Peresmian KE{M}BALI, di Badung, Bali, Kamis (01/03).

Menurut Rudiantara, teknologi menjadi alasan meningkatnya persaingan dalam dunia kerja, sehingga perkembangan teknologi harus mampu dimanfaatkan untuk membuka lapangan pekerjaan.

Ditekankan oleh Menkominfo Rudiantara, bahwa budaya digital dan pola pikir untuk berwirausaha dan menciptakan kemandirian harus terus didorong.

Sebagai upaya yang dilakukan untuk mendorong hal itu, sambung Rudiantara, pemerintah akan terus bertindak sebagai regulator yakni mempermudah kebijakan, berupa fasilitator.

“Yakni memberi wadah berupa pembangunan infrastruktur perluasan jaringan, dan akselerator yaitu terus mendorong masyarakat meningkatkan literasi digital,” tutur Menkominfo.

Namun Rudiantara tidak menampik, bahwa upaya-upaya tersebut perlu kerjasama dengan semua lapisan masyarakat dan institusi pendidikan sebagai tempat menimba keterampilan dan kapasitas diri.

“Di era saat ini, manusia tidak bisa lagi berjalan sendiri-sendiri, perlu kerjasama dan kolaborasi antar masyarakat dalam memajukan bangsa,” tegas Menkominfo.

Maka dari itu, KE{M}BALI diharapkan dapat menjadi wadah masyarakat Bali untuk berkontribusi pada ekosistem lokal dengan kreativitas, teknologi, dan kewirausahaan.

Menkominfo Rudiantara menyatakan apresiasinya terhadap KE{M}BALI, agar kedepan menjadi wadah para penemu inovasi digital di masa yang akan datang.

“Mudah mudahan ini jadi salah satu sarang tempat berdirinya teman-teman yang menjasi inovator di dunia digital,” pungkasnya.

Berita: Sigit | Foto: Istimewa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *