Teruskan Kebijakan Buwas, Heru Winarko: Narkoba adalah Musuh Kita Bersama

Jakarta |
Inspektur Jenderal (Irjen) Polisi Heru Winarko resmi menjabat sebagai Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN) setelah dilantik Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Negara, Jakarta, Kamis (1/3).

Irjen Pol Heru Winarko berjanji akan meneruskan kebijakan pendahulunya Komjen Pol Budi Waseso dalam memimpin BNN kedepannya.

“Kita juga akan tingkatkan bagaimana pencegahan, pemberantasan, dan rehabilitasi yang sesuai undang-undang, yang menjadi beban tugas dan tanggung jawab BNN bisa dilaksanakan secara optimal,” kata Heru usai dilantik di Istana Negara, Jakarta, Kamis (1/3).

Namun Heru juga mengingatkan, pemberantasan narkoba bukanlah tanggung jawab BNN semata, tapi semua pihak.

Untuk itu, Heru mengharapkan bantuan semuanya, dari pemangku kepentingan, semua instansi, dan semua warga negara Indonesia. “Narkoba adalah musuh kita bersama,” tegas Lulusan Akademi Kepolisian Tahun 1985 itu.

Menurut Heru, tugas barunya selaku Kepala BNN tidak jauh berbeda jauh dengan tugas semasa menjabat sebagai Deputi Penindakan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

“Di sana (BNN) ada pencegahan, di KPK juga ada pencegahan. Kita akan coba yang baik, yang bagus, yang ada di masing-masing, kita sharing,” jelasnya.

Sesuai Undang-Undang tentang Narkoba, sambung Heru, sudah ada aturan pencegahan, rehabilitasi, dan pemberantasan.

Dirinya pun berjanji akan mengoptimalkan, karena berjalan sinergis semuanya antara kedeputian yang ada.

Sementara itu, terkait mantan Kepala BNN Komjen Pol Budi Waseso diakui Heru bahwa dirinya sudah mengenal pendahulunya itu sejak tahun 1981.

“Beliau senior saya, dan kita sama-sama sebagai anggota senat di taruna, banyak saya dapat bimbingan dan binaan dari beliau,” ungkap Heru.

Menurut rencana, Budi Waseso melakukan serah terima memori kepada Heru Winarko pada Senin (5/3) mendatang.

Berita: Sigit | Foto: Istimewa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.