Alumni SMPN 1 Cimanggis Angkatan 85 Gelar Aksi Baksos Bagi-Bagi Sembako

Ikatan Alumni Sekolah Menegah Pertama Negeri (SMPN) 1 Cimanggis Angkatan 1985 (DELIMA) menggelar aksi bakti sosial (baksos) bagi-bagi sembako ke sesama alumni.

Depok |
Kegiatan baksos yang digelar Minggu (10/5), difokuskan di rumah Ketua Pengurus Alumni DELIMA Ahmad Fatoni, yang terletak di wilayah Harjamukti, Cimanggis, Depok, Jawa Barat.

Pada kesempatan itu, Fatoni kepada sesama alumnus yang hadir menyampaikan, bahwa di tengah wabah pandemi Covid-19 dan diberlakukannya PSBB (Pembatasan Sosial Bersekala Besar) membuat sulit sebagian orang dalam menjalani kehidupan sehari-harinya.

“Dampaknya pada aktifitas untuk mencari nafkah guna memenuhi kebutuhan keluarga. Apalagi bagi mereka yang cuma bekerja serabutan,” ujarnya.

Menurut pria yang akrab disapa Oong itu, wabah Covid-19 bukan hanya di terjadi di Kota Depok saja, tapi hampir seluruh belahan dunia mengalaminya. Oleh karena itu, dirinya bersama para pengurus DELIMA tidak tinggal diam dan bergerak untuk mengumpulkan dana.

“Berapun yang bisa kita dapat kita berikan untuk melakukan baksos, yang kami awali dari alumni untuk alumni. Alhamdulilah dalam waktu 7 hari dana sudah mulai terkumpul. Segera kita belanjakan dan langsung kita bagikan secepatnya tanpa kita tunda lagi,” tuturnya.

Diakui oleh Oong, kegiatan baksos yang dilakukan para alumnus SMPN 1 Cimanggis Angkatan 1985 yang kini berubah menjadi SMPN 7 itu bisa dibilang tercetus secara spontanitas saja.

“Kami lakukan ini dadakan dan langsung kita sampaikan di grup WA alumni DELIMA. Kami sadar di situasi seperti ini begitu sulit dan ruang gerak pun terbatas,” ungkapnya.

Namun hanya dengan niat yang tulus dan iklas, sambungnya, kami para pengurus akhirnya bisa melakukan aksi baksos ini. Oong juga berharap apa yang dilakukannya bersama rekan-rekan alumnus lainnya bisa menjadi manfaat bagi orang banyak.

Menurut Oong, baksos tahap pertama ini belum banyak data alumni yang masuk ke pengurus, karena yang dilakukan secara cepat dan mendadak. Namun sekitar puluhan paket sembako sudah di distribusikan, baik kepada guru maupun para alumnus.

Kedepannya, tambah Oong, pihaknya akan kembali menggelar aksi ini untuk seluruh alumni yang masih belum terdaftar sebagai penerima, serta jika memungkinkan sekaligus membantu masyarakat sekitar.

“Kita berharap bisa lakukan ini lagi di tahun kedua. Mohon doa dan dukungan para alumni dan juga para donatur, agar niat ini dapat terlaksana dan tepat sasaran,” ucap Ketua Alumni SMPN 1 Cimanggis Angkatan 85 itu.

Seorang alumnus asal Mekarsari, Yohanes Hutapea mengatakan alumni yang hadir untuk menerima sembako hari itu sangat menyambut baik kegiatan baksos tersebut.

“Diantara mereka ada yang terharu karena masih adanya rasa kepedulian terhadap sesama teman semasa sekolah dulu,” ucap Yohanes kepada awak media, di Depok, Jawa Barat, Senin (11/5).  

Menurut pria yang akrab disapa Bang Joe itu, dengan adanya baksos yang dilakukan pengurus DELIMA, diharapkan bisa sedikit meringankan beban bagi alumni yang terdampak wabah virus Corona.

Suprapti, salah satu alumni yang menerima sembako mengucapkan terima kasih kepada pengurus alumni DELIMA yang mau saling berbagi walaupun sudah cukup lama tidak berjumpa. “Semoga ditambahkan rezekinya rekan pengurus dan para donator,” ucapnya.

Menurutnya bantuan sembako disaat pandemi Covid-19 ini sangat bermanfaat. Dirinya bersyukur para alumni bisa berbagi, serta mendoakan para pengurus DELIMA dan seluruh alumnus diberikan kesehatan dan rejeki yang berlimpah.

Sementara itu Ustadz Syarif Hidayat yang hadir mengisi tausiyah mengatakan, dalam menghadapi pandemik Covid-19 dan diberlakukannya PSBB di bulan Suci Ramadhan serta memperingati hari Nuzul Quran agar diisi dengan rasa keimanan yang tinggi.

Dirinya sangat mengapresiasi DELIMA serta mengajak semua yang hadir untuk dapat terus melakukan dukungan terhadap kegiatan positif untuk sesama alumni.

“Kegiatan yang  baik di dalam membantu masyarakat dan warga yang kurang mampu harus sama-sama didukung dan jangan takut rejeki kita akan berkurang. Malah, Allah akan menambahkan berkat yang berlimpah,” tutup Ustadz Syarif Hidayat.

Berita: Mh | Foto: Istimewa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: