Yudi Latief Resmi Jabat Ketua UKP PIP

Jakarta, (Restorasi News)
Aktivis dan cendekiawan muda Yudi Latief (53), resmi dilantik oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) sebagai Kepala Unit Kerja Presiden Pembinaan Ideologi Pancasila (UKP PIP), Rabu (7/6), di Istana Negara, Jakarta.

Dengan dibentuknya UKP PIP ini, Yudi berharap masyarakat tidak over ekspektasi karena sebenarnya kewenangan unit ini tidak terlalu luas. Kewenangannya hanya terbatas pada fungsi koordinasi, pengendalian dan pembenahan pengajaran Pancasila di sekolah-sekolah.

“Jadi sebenarnya kewenangannya terbatas tapi ekspektasi publik sangat besar. Oleh karena itu saya kira jalan terbaik adalah melibatkan peran serta komunitas,” ujar Yudi.

UKP PIP menurut Yudi ini hanya sekedar fasilitator saja. Tapi sebenarnya yang harus digerakan adalah simpul-simpul, relawan-relawan dari berbagai komunitas nantinya akan dijaring di dalam suatu konektivitas supaya sama-sama melakukan pengisian bersama-sama bertanggung jawab di dalam merawat Pancasila.

Yudi mengatakan diluncurkannya UKP PIP melalui Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 54 Tahun 2017 merupakan momentum untuk merekatkan kembali tenunan kebangsaan, karena Pancasila itu merupakan alat persatuan.

Menurut Yudi, dengan Pancasila bukan malah merobek persatuan tapi dengan Pancasila justru ingin merekatkan kembali simpul-simpul yang longgar. Ibarat sapu lidi itu kalau tidak diikat akan berserak, sapu lidi akan kuat kalau dia jadi satu ikatan yang kuat. Dan ikatan bagi Indonesia itu adalah Pancasila,” katanya.

Bersamaan dengan pelantikan Yudi, Presiden Jokowi juga melantik kesembilan tokoh nasional sebagai Pengarah UKP PIP.

Kesembilan tokoh nasional yang dilantik adalah Megawati Soekarnoputri, Try Sutrisno, Mahfud MD, Ahmad Syafii Maarif, Ma’ruf Amin, Said Aqil Siradj, Andreas Anangguru Yewangoe, Wisnu Bawa Tenaya, dan Sudhamek.

Tampak hadir dalam pelantikan, antara lain Wakil Presiden Jusuf Kalla, Ketua MPR RI Zulkifli Hasan, Ketua DPR RI Setya Novanto, Ketua DPD RI Oesman Sapta, Ketua MA M. Hatta Ali, Ketua MK Arief Hidayat, Menko Polhukam Wiranto, Mensesneg Pratikno, Mendikbud Muhadjir Effendy, Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin, dan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya.

Berita: Sigit | Foto: Istimewa/Humas Setkab

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: