Menlu Retno Tuai Pujian dari Wapres AS Mike Pence

Jakarta |
Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi menuai pujian dari Wakil Presiden Amerika Serikat (AS) Mike Pence. Menurut Pence, Menlu Retno membuat bangga perempuan Indonesia.

Hal itu diutarakan Wapres Pence dalam Pertemuan Bisnis Amerika Serikat (AS)-Republik Indonesia (RI) di Hotel Shangri-La, Jakarta, Jumat (21/4).

Secara khusus, Wapres Pence meminta Menlu Retno Marsudi untuk berdiri untuk menerima aplaus dari para hadirin.

“Menteri Retno, Anda membuat bangga perempuan Indonesia dan dalam beberapa minggu ke depan, saya sangat menantikan kehadiran Anda di Washington DC,” ujar Pence.

Menlu Retno Marsudi, sebut Pence, menjadi salah satu perempuan yang sukses dalam kehidupan publik dan pribadi. “Tidak hanya menginspirasi Indonesia, tapi juga dunia,” katanya.

Menlu Marsudi merupakan perempuan pertama di Indonesia yang menjabat sebagai Menlu. Alumnus Jurusan Ilmu Hubungan Internasional UGM angkatan 1981, diantaranya pernah menjabat sebagai duta besar Indonesia untuk Belanda, Direktur Eropa dan Amerika, dan menjadi Dubes RI di Norwegia dan Islandia.

Sebelumnya di awal sambutan, Wapres Pence mengucapkan selamat Hari Kartini untuk seluruh perempuan Indonesia.

Pendidikan dan peran perempuan di Indonesia, lanjut pence, tidak akan semaju dan setara seperti saat ini tanpa usaha Kartini di masa lalu

Wapres AS Mike Pence dan istrinya Karen Pence, serta dua putrinya tiba di Bandara Halim Perdanakusuma Jakarta pada hari Rabu (19/4) pukul 23.30 WIB, dengan menggunakan pesawat kepresidenan United States Of America bernomor 80002.

Kedatangan Pence disambut oleh Menteri Luar Negeri Retno Marsudi dan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan.

Berita: Mh | Foto: Istimewa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.