Wali Kota Banda Aceh Targetkan 2019 Persoalan Air Bersih Tuntas

Banda Aceh |
Wali Kota Banda Aceh Aminullah Usman meminta PDAM Tirta Daroy Banda Aceh beserta para stakeholder untuk tidak cepat puas dan terus bekerja keras, demi mewujudkan Banda Aceh yang terbebas dari persoalan air bersih.

Disebutkan oleh Wali Kota Aminullah, bahwa Pemerintah Kota Banda Aceh menargetkan persoalan air bersih sudah diselesaikan pada 2019 mendatang.

“Artinya di awal Januari 2020 semua warga kita harap dapat menikmati air bersih. Ini memang butuh kerja keras,” ujar Aminullah, saat membuka seminar ‘Optimalisasi Pelayanan PDAM Tirta Daroy Menuju 100 Persen Akses Air Minum’ di Aula Lantai IV, Balai kota Banda Aceh, Senin (22/1).

Aminullah menyatakan apresiasinya pada seminar hari itu, dengan harapan nantinya akan melahirkan rekomendasi yang dapat digunakan untuk mengambil langkah-langkah konkrit dalam menuntaskan persoalan air bersih.

Sejauh ini, lanjutnya, Pemko dan PDAM terus mencari langkah konkrit dalam rangka meningkatkan pelayanan air bersih bagi warga kota. Selain melakukan study banding ke PDAM lain yang dinilai telah berhasil, PDAM juga menggelar seminar dengan mendatangkan pemateri yang merupakan ahli yang telah berpengalaman dari luar.

Disamping itu, wali kota juga meminta PDAM untuk terus memberikan sosialisasi dan pemahaman kepada warga ketika terjadi gangguan dan selalu bisa mengatasi persoalan dengan melakukan program jangka pendek.

Sementara itu, Direktur PDAM HT Novizal Aiyub menyampaikan, saat ini pihaknya terus berupaya meningkatkan peforma dalam memberi pelayanan air bersih kepada warga kota.

Menurutnya, memang saat ini PDAM belum mampu memberikan layanan hingga 100 persen untuk seluruh wilayah kota, namun sudah melayani 45.440 Sambungan Rumah (SR) di Banda Aceh dan akan menambah layanan sekitar 8.000 SR lagi hingga 31 Desember 2019.

Novizal mengungkapkan, sejumlah kendala dan permasalahan yang saat ini dihadapi PDAM, seperti kebocoran air dan kekeruhan dimusim hujan. Namun ditegaskannya, hal itu tidak membuat PDAM patah semangat meningkatkan meningkatkan layanan.

PDAM, sebutnya, telah melakukan 120 Sambungan Rumah (SR) di Alue Deah Teungoh, Kecamatan Meuraxa beberapa hari yang lalu.

“Ini gratis biaya pemasangan, ada sekitar 120 sambungan baru yang kita pasang di Alue Deah Teungoh,” ungkap Direktur PDAM yang akrab disapa Ampon Ayub.

Saat ini, tambah Ampon Ayub, di Alue Naga hampir semua warga juga telah terlayani air bersih. “Gampong pesisir ini sebelumnya sangat sulit dijangkau, karena berlokasi paling ujung pipa pelayanan PDAM,” jelasnya.

Seminar pada hari itu tampak hadir dua pemateri, antar lain Ir Sadma lastyanta (PDAM Batam) dan Suwito ST MM (PDAM Malang).

Berita: Machfud | Foto: Istimewa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: