Wagub Sandiaga Resmikan Plaza Kenari Mas sebagai Mal Sadar Zakat dan Amal Sosial

Jakarta |
Wakil Gubernur (Wagub) DKI Jakarta Sandiaga Uno secara resmi membuka Mal Sadar Zakat dan Amal Sosial, di Plaza Kenari Mas, Jl Kramat Jaya, Senen, Jakarta Pusat, Selasa (31/7).

Dalam sambutannya, Wagub Sandiaga mengatakan dirinya meyakini bahwa mal tersebut dapat membantu menekan kemiskinan, khususnya di wilayah DKI Jakarta.

“Dengan mengucapkan bismillahirrahmanirrahim, saya menyatakan secara resmi Plaza Kenari Mas sebagai mal sadar zakat dan amal sosial di DKI,” ujar Sandiaga Uno yang juga didampingi Ketua Badan Amil Zakat, Infaq, dan Shadaqah (BAZIS) DKI Jakarta Zahrul Wildan.

Disamping bisa menekan angka kemiskinan, tambah Sandi, keberadaan Mal Sadar Zakat dan Amal Sosial juga dapat membantu pembukaan lapangan kerja.

Sandiaga menyebutkan bahwa Plaza Kenari Mas merupakan mal ketiga di Jakarta yang diresmikan menjadi Mal Sadar Zakat dan Amal Sosial, selain Mal Thamrin City di Jakarta Pusat dan Seasons City Mall di Jakarta Barat.

Diungkapkan oleh Wagub Sandi, bahwa peresmian mal sadar zakat dan amal sosial hari itu merupakan inisiatif dari Plaza Kenari Mas dan BAZIS DKI Jakarta, demi meningkatkan kesadaran bersama untuk saling berbagi.

“Kita ingin membantu mengurangi kemiskinan dan membantu juga program-program peningkatan ekonomi umat, yaitu pemberdayaan ekonomi mikro,” sebutnya.

Disamping itu, menurut Sandiaga keberadaan mal sadar zakat dan amal sosial alokasinya juga bermanfaat untuk menyejahterakan mustahik (penerima zakat) yang ada di sekitar lokasi mal.

“Jadi muzaki (orang yang berzakat) dan mustahik itu kita berikan jembatan agar mudah-mudahan zakat ini langsung bisa teralokasi tepat sasaran dan tepat manfaat,” pungkas Wagub Sandiaga.

Sementara itu Kepala BAZIS DKI Jakarta Zahrul Wildan juga mengungkapkan, bahwa Mal Sadar Zakat dan Amal Sosial memiliki program tujuan 4 M, yakni ‘Mengubah Mustahiq Menjadi Muzakki’.

Visi ini, sambung Zahrul, menjadi motivasi bagi semua lapisan masyarakat dan bukan hanya untuk BAZIS semata.

“Visi ini memberikan suatu dorongan semangat untuk maju berkembang secara ekonomi, sekaligus memperkuat kepedulian sesama,” pungkasnya.

Mal Sadar Zakat dan Amal Sosial merupakan terobosan signifikan yang dilakukan BAZIS DKI Jakarta yang mendapat dukungan dari Pemerintah Provinsi DKI Jakarta.

Tujuannya agar zakat dan amal sosial masyarakat dikelola secara tepat guna bagi masyarakat yang membutuhkan dan demi pencapaian kesejahteraan keluarga masyarakat di wilayah DKI Jakarta.

Berita: Amj | Foto: Amj

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.