SMKN 27 Juara 1 Jakbee dan Tim Jalan Lurus Juara Umum Hackathon

Jakarta |
Tim SMK Negeri 27 Jakarta Pusat berhasil keluar sebagai Juara I Jakarta Baznas (Bazis) Entrepreneur Empowerment atau Jakbee Bisnis Proposal Pelajar tingkat DKI dan Tim ‘Jalan Lurus’ berhasil menjadi juara umum lomba Hackathon antar mahasiswa.

Hasil kejuaraan tersebut diumumkan di Gedung Velodrome Internasional , Jakarta Timur, Sabtu (7/12), disertai dengan pemberian hadiah total bernilai ratusan juta rupiah yang diserahkan langsung oleh Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan serta didampingi Ketua Baznas Bazis DKI Jakarta KH DR Ahmad Lutfi Fathullah.

Tampak juga hadir mendampingi Gubernur DKI Jakarta dan Ketua Baznas Bazis DKI, yaitu Wakil Walikota Jakarta Timur Uus Kuswanto, dan Ketua Baznas Bazis Jaktim Aminudin.

Dsiamping menyerahkan hadian, pada kesempatan itu Gubernur Anies Baswedan juga memberikan beasiswa dari Baznas Bazis DKI untuk 2.264 orang mahasiswa se DKI Jakarta, dengan nilai sebesar Rp 6 juta per orang untuk setiap tahunnya.

Gubernur Anies dalam sambutannya menyampaikan, bahwa sekarang ini dalam pendidikan anak jangan lagi ditanya, besok kalau besar ingin jadi apa.

“Tapi harus ditanya kalau besar nanti mau membuat apa. Mau berkreasi apa. Sebab 20 tahun lagi bisa jadi profesi yang ada sekarang sudah hilang dan muncul profesi baru lagi,” ujarnya.

Karena itu, sambungnya, perlu terobosan dan inovasi yang harus datang dari masyarakat. Sedangkan pemerintah bertugas menggandakan pembaruan tersebut.

Mengenai entrepreunership menurut Anies perspektifnya selalu optimistik. “Seorang entrepreuner selalu melihat kesempatan, peluang,” ujarnya.

Untuk itu diharapkan agar wirausaha dari generasi muda memperluas jaringannya dengan menawarkan masa depan. Karenanya diharapkan adanya media sosial jangan hanya untuk merawat masa lalu, melainkan harus dimanfaatkan untuk masa depan.

“Sekarang penerima beasiswa. Tapi 20 tahun lagi harus menjadi pemberi beasiswa,” pungkas Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

Sementara itu, KH Ahmad Lutfi Fatullah dalam kesempatan yang sama mengatakan memuji hasil lomba Hackathon yang diikuti 60 orang peserta  yang membuat aplikasi baru dalam waktu 2 hari.

Menurtunya, hasilnya banyak inovasi yang bermanfaat, misalnya aplikasi pencari lahan parkir kosong. Walau kelihatannya sederhana sangat dibutuhkan. “Ini atas bantuan Pak Ridwan pengelola mall,” ujarnya.

 Lebih lanjut Ketua Baznas Bazis DKI ini menegaskan, bahwa program bantuan produktif Baznas  Bazis DKI ini memang membentuk para penerima bantuan atau mustahiq, menjadi pemberi bantuan atau muzaki.

Pemenang 1  Lomba Proposal Jakbee Pelajar adalah SMKN 27 Jakarta Pusat, dengan hasil karyanya yaitu bisnis produk barang dari limbah singkong.

Produk yang dibuat antara lain caslace kalung ethnic dari kulit singkong, casnet atau magnet dengan lukisan budaya nusantara, emoji dan home decor dari bahan kulit singkong.

Pemenang ke 2 adalah SMKN 6 Jakarta Selatan, sedangkan pemenang ke 3 yaitu SMAN 73 Jakarta Utara. Sementara juara harapan I adalah SMAN 112 Jakarta Barat, disusul juara harapan II SMAN 89 Jakarta Timur yang membuat produk sayuran  organik yang lebih bernutrisi.

Sedangkan 2 orang penerima besiswa, yaitu Ade Nila Kamila mahasiswi fakultas Pendidikan Ekonomi Unindra, dan Agus Faisal mahasiswa UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

Keduanya telah menyatakan dan bertekad akan menjadi pemberi bantuan apabila kelak sudah sukses nantinya.

Berita: Pri | Foto-foto: Istimewa/Amijo/Pri

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: