Musrenbang Duren Sawit Rp70 Miliar Didominasi Bidang Fisik

Jakarta |
Wali Kota Kota Jakarta Timur Bambang Musyawardana, Senin (5/2) membuka Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Tingkat Kelurahan Tahun 2018 di Aula Kantor Kelurahan Duren Sawit, Kecamatan Duren Sawit, Jakarta Timur.

Dalam Musrenbang merupakan rangkaian proses penyusunan APBD 2019 tingkat kota Jakarta Timur itu, dibahas 318 usulan kelurahan Duren Sawit senilai Rp 70,8 miliar. Namun dari jumlah itu didominasi rencana pembangunan fisik yaitu perbaikan jalan dan saluran.

Turut mendampingi wali kota, perwakilan Kepala Suku Badan Perncanaan Pembangunan Kota Jakarta Timur, Camat Duren Sawit Abu Bakar, serta para Sudin teknis terkait.

Wali Kota Bambang Musyawardana dalam kesempatan itu menyatakan apresiasinya atas berbagai usulan warga di Kelurahan Duren Sawit ini.

“Saya mengapresiasi seluruh warga yang telah berpartisipasi mengajukan usulan. Akan tetapi masih didominasi oleh usulan fisiknya terutama pada perbaikan saluran,” kata Bambang.

Wali Kota Bambang juga meminta kepada Lurah untuk mendata saluran dan jalan yang harus diperbaiki. Dengan demikian nantinya dapat direalisasikan, baik mulai tahun 2018 ini maupun di tahun 2019 mendatang.

“Saya minta kepada Lurah dan Sudin Teknis terkait meninjau saluran dan jalan mana saja yang menjadi prioritas. Kemarin kita lakukan kerjabakti bersama, memang saluran di wilayah ini perlunya perbaikan,” paparnya.

Meyinggung berbagai usulan warga terkait non fisik diharapkan hal itu dapat membangun potensi warga yang bernilai di masa datang.

Menurut Bambang, Duren Sawit ini merupakan wilayah yang cukup strategis terutama dalam berwirausaha. “Jadi diharapkan juga perbanyak usulan yang dapat mendongkrak perekonomian warga. Duren Sawit ini ke depan akan menjadi objek wisata yang sangat menjanjikan.

Dijelaskan oleh Plt Lurah Duren Sawit Pujiwati, dari 318 usulan non fisik di Kelurahan Duren Sawit hanya ada tujuh usulan pemberdayaan. Diantaranya, alat peraga edukasi untuk PAUD dan Seni dan Budaya dengan berbagai macam pelatihan tarian kebudayaan.

“Memang masih didominasi fisik. Untuk itu kita akan kembali musyawarahkan mengenai berbagai usulan kemanusiaannya seperti yang Pak Wali sarankan,” ujar Pujiwati.

Ketua RW 09 Kelurahan Duren Sawit Abdul Kodir mengungkapkan, pihaknya mendukung terselenggaranya Musrenbang Tahun 2018 ini yang sudah diberikan pengarahan wali kota. “Jangan hanya sekedar pembinaan saja, tapi perlu bantuan peningkatan edukasi,” pungkasnya.

Tampak hadir dalam acara hari itu, para anggota LMK, PKK dan Karang Taruna, serta para tokoh masyarakat setempat.

Sementara itu Kepala Sudin Kominfotik Jakarta Timur Yuliarto menurutkan, Wali Kota Bambang pada Selasa (6/1) pagi, dijadwalkan membuka Musrenbang se Kecamatan Ciracas di Kantor Kelurahan Kampung Rambutan dan menghadiri Musrenbang Kelurahan Malaka Jaya sambil memberikan arahan bermanfaat.

Berita: Pri | Foto: Istimewa/Pri

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.