Menteri PANRB: Tahun 2020 Tidak Ada Rekrutmen CPNS

Jakarta |
Pemerintah di tahun 2020 ini tidak mengadakan rekrumen calon pegawai negeri sipil (CPNS). Hal itu disampaikan oleh Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Tjahjo Kumolo.

“Penerimaan CPNS tahun 2020 akan kami tiadakan,” ujar Menteri Tjahjo, di Jakarta, Rabu (8/7).

Menurut Tjahjo hal ini dilakukan mengingat bahwa saat penerimaan CPNS tahun 2019 akan masuk pada tahap seleksi kompetensi bidang (SKB) dan pelaksanaan SKB tertunda karena pandemi Covid-19.

Dijelaskan oleh Menpan RB, bahwa tahun ini pemerintah masih akan menuntaskan proses seleksi CPNS formasi tahun 2019 yang tertunda karena pandemi Covid-19. SKB, sambung Tjahjo, akan dilanjutkan bulan September-Oktober 2020 dengan menerapkan protokol kesehatan.

“Kementerian PANRB dan BKN terus melakukan koordinasi dengan BNPB (Gugus Tugas Covid-19) dan Kementerian Kesehatan, untuk memastikan agar pelaksanaan SKB benar-benar memenuhi standar protokol kesehatan,” tegasnya.

Tjahjo juga menerangkan bahwa rekrutmen ASN untuk tahun 2021 akan dilaksanakan. Saat ini, menurut Menteri PANRB, sedang dilakukan proses pengajuan serta verifikasi dan validasi usulan masing-masing instansi pemerintah.

“Proses ini akan mempertimbangkan kebutuhan untuk pembangunan nasional dan daerah, serta hasil evaluasi dampak pandemi Covid-19,” pungkasnya

Berita: Red | Foto: Istimewa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: