Kader KPA Kota Depok Terus Jalin Komunikasi dan Pantau Perkembangan Kesehatan ODHA

Depok |
Kota Depok saat ini memiliki 33 kader pendamping Orang Dengan HIV AIDS (ODHA) yang seluruhnya tersebar di 11 kecamatan.

Ketua Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) Kota Depok Khaerudin mengemukakan, bahwa dari seluruh 33 kader yang ada, untuk satu kecamatan disiapkan tiga kader guna memberikan pendampingan kepada ODHA.

“Tugas mereka adalah mengingatkan kepada ODHA untuk rutin mengkonsumsi obat. Selain itu juga mengantarkan ODHA ke Puskesmas untuk memperoleh obat yang dikonsumsi,” ujar Khaerudin, dilansir portal depok.go.id, Rabu (23/12).

Kader pendamping ini, sambung Khaerudin, setiap harinya juga terus menjalin komunikasi dengan ODHA, salah satunya untuk memantau perkembangan kesehatan.

“Kader ODHA di setiap kecamatan harus terus memberikan motivasi agar ODHA tidak terpuruk. Juga tetap menjalankan aktivitas sehari-hari,” imbuhnya.

SebelumnyaTim Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) Kota Depok menjalankan program Ketuk Pintu dengan mengunjungi 11 Perangkat Daerah guna mengajak perangkat daerah agar lebih peduli terhadap pelayanan dan penanggulangan HIV/AIDS di Depok.

Dalam kegiatan tersebut KPA Kota Depok melibatkan dan menggandeng beberapa pihak diantaranya Warga Peduli AIDS (WPA) di Kota Depok, Kader Pendamping (ODHA), ODHA, Keluarga ODHA, dan Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Peduli HIV/AIDS.

Disamping itu KPA Kota Depok juga mengajak perangkat daerah untuk bersama memberikan pelayanan dan penanggulangan HIV/AIDS.

Dengan sinergisitas yang terbangun nantinya bersama perangkat daerah diharapkan dapat meningkatkan semangat ODHA di Depok, termasuk meningkatkan keterampilan diri agar dapat bermanfaat bagi lingkungan dan berkontribusi untuk pembangunan wilayah.

11 perangkat daerah Kota Depok yang dimaksud adalah Badan Perencanaan dan Pembangunan (Bappeda), Dinas Pemuda Olahraga Kebudayaan dan Pariwisata (Disporyata), Dinas Sosial (Dinsos), Dinas Pendidikan (Disdik), dan Dinas Perhubungan (Dishub).

Selain itu adalah Badan Keuangan Daerah (BKD), Kantor Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol), Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP), Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo), Dinas Perlindungan Anak Pemberdayaan Masyarakat dan Keluarga (DPAPMK), serta Dinas Kesehatan (Dinkes).

Berita: Red | Foto: Istimewa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.