Disbud DKI-STMK Trisakti Kolaborasi Kembangkan Layanan Diseminasi dan Pelestarian Kebudayaan Daerah

Jakarta |
Dinas Kebudayaan (Disbud) Provinsi DKI Jakarta melakukan penandatanganan perjanjian kerjasama dengan Sekolah Tinggi Media Komunikasi (STMK) Trisakti untuk pelaksanaan program Tridharma Perguruan Tinggi.

Perjanjian kerjasama tersebut dalam rangka pengembangan kebudayaan dan pendampingan terhadap pelaku seni budaya di Provinsi DKI Jakarta.

Tridharma merupakan program untuk penyelenggaraan pendidikan dan pembelajaran, penelitian dan pengembangan, pengabdian kepada masyarakat, dan magang bagi dosen juga mahasiswa STMK Trisakti.

Kepala Dinas Kebudayaan (Kadisbud) Provinsi DKI Jakarta Iwan Henry Wardhana menyampaikan, bahwa program kerjasama ini akan melibatkan individu atau kelompok dalam proses kegiatan ekonomi dengan berbasis seni budaya dan kearifan lokal yang ada di Provinsi DKI Jakarta.

“Tujuan diselenggarakannya kerja sama ini, dalam rangka Pengembangan Layanan Diseminasi dan Pelestarian Kebudayaan Provinsi DKI Jakarta sebagai tindak lanjut kesepakatan untuk meningkatkan kolaborasi antara para pihak dalam penerapan program pemerintah dan Tridharma Perguruan Tinggi, juga meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap pelestarian kebudayaan di Provinsi DKI Jakarta,” jelas Iwan, pada acara peresmian renovasi gedung dan penandatanganan kerja sama di STMK Trisakti, Jakarta, Rabu (17/2).

Lebih lanjut, Dinas Kebudayaan Provinsi DKI Jakarta dengan STMK Trisakti akan merencanakan aksi atau kegiatan yang meliputi, riset mengenai objek pemajuan kebudayaan daerah, kegiatan magang, inisiatif program, juga workshop kewirausahaan Jakpreneur binaan Disbud DKI Jakarta dengan materi seperti aplikasi Photoshop, Ilustrator, Videografi, Digital Imaging, Marketing Digital, Packaging, Branding.

Ruang lingkup dari perjanjian kerjasama ini meliputi pengabdian kepada masyarakat dan penelitian dalam upaya pengembangan seni dan budaya Betawi, pengembangan teknologi dan informasi dalam upaya memperluas sosialisasi, meningkatkan kapasitas pelaku ekonomi kebudayaan, dan penyelenggaraan magang serta Praktek Kerja Profesi bagi Mahasiswa.

Adapun sasaran dari kolaborasi ini adalah pelaku ekonomi budaya binaan Disbud Provinsi DKI Jakarta, mahasiswa, juga Civitas Akademika STMK Trisakti.

“Besar harapan bahwa dengan terjalinnya kerjasama ini dapat memajukan kebudayaan daerah, khususnya Kebudayaan Betawi dengan menyelaraskan dengan perkembangan teknologi yang ada,” pungkas Iwan.

Ke depan Dinas Kebudayaan Provinsi DKI akan melakukan penjajakan kerja sama dengan beberapa institusi pendidikan dalam rangka kolaborasi untuk mengembangkan layanan, memajukan kebudayaan, sekaligus melestarikan kebudayaan di Provinsi DKI Jakarta.

Berita: Red | Foto: Ist.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: