Brigjen TNI Suhartono Jabat Danpaspampres

Jakarta |
Brigjen TNI (Mar) Suhartono M Tr (Han) resmi menjabat sebagai Komandan Pasukan Pengamanan Presiden (Danpaspampres) menggantikan Mayjen TNI (Mar) Bambang Suswantono SH MA Tr (Han) yang mengemban jabatan baru sebagai Komandan Korps Marinir.

Upacara Serah Terima Jabatan (Sertijab) kedua perwira tinggi tersebut dipimpin langsung oleh Panglima TNI Jenderal TNI Gatot Nurmantyo di di Lapangan Hitam Mako Paspampres, Jalan Tanah Abang II No. 6, Jakarta Pusat, Selasa (14/3).

Dalam sambutannya, Panglima TNI Jenderal TNI Gatot Nurmantyo mengatakan Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres) adalah prajurit-prajurit terpilih yang memiliki dedikasi dan militansi sangat tinggi dalam menjamin keamanan simbol negara.

“Tugas pokok Paspampres adalah pengamanan fisik langsung jarak dekat setiap saat kepada Presiden RI, Wakil Presiden RI, Mantan Presiden dan Wakil Presiden RI serta keluarganya, Tamu Negara setingkat Kepala Negara atau Kepala Pemerintahan beserta keluarganya, obyek VVIP, serta tugas protokoler khusus kenegaraan, dalam rangka mendukung tugas pokok TNI,” ujar Jenderal TNI Gatot Nurmantyo.

Menurut Panglima TNI, tugas Paspampres adalah tugas mulia, mengandung kehormatan sehingga harus dilaksanakan secara sungguh-sungguh, benar,tulus, berani dan penuh tanggung jawab.

“Kemuliaan dan kehormatan tugas tersebut menurut Undang-Undang, bahwa Presiden dan Wakil Presiden adalah simbol negara dan kehormatan NKRI,” sebut Gatot Nurmantyo.

Presiden sebagai Kepala Negara, sebut gatot, memiliki peran dan fungsi mewakili seluruh rakyat dan bangsa Indonesia, melindungi dan menjaga kedaulatan NKRI. “Untuk itu, Presiden juga disebut sebagai pemegang kekuasaan tertinggi atas Angkatan Darat, Angkatan Laut, dan Angkatan Udara,” ucapnya.

Panglima TNI berpesan, satu ‘kiat’ yang harus dipenuhi oleh seluruh Prajurit Paspampres, yaitu senantiasa meningkatkan profesionalitas, militansi, kesiapsiagaan dan kewaspadaan.

“Saya yakin dan percaya sepenuhnya, Paspampres telah sarat pengalaman, serta berbagai dinamika tantangan tugas, yang memiliki kecenderungan terus bergerak secara dinamis seiring dengan perkembangan lingkungan strategis, ilmu pengetahuan dan teknologi,” tutur Panglima TNI.

Kepada awak media seusai memimpin sertijab, Panglima TNI menyampaikan bahwa Paspampres telah berhasil melaksanakan tugasnya pada KTT IORA (Indian Ocean Rim Association) yang berskala internasional dan dihadiri oleh perwakilan berbagai negara ,serta kedatangan Raja Arab Saudi Salman bin Abdul Aziz Al Saud.

“Saya menilai, Paspampres telah melaksanakan tugasnya dengan prima dan maksimal sehingga salah satu faktor perpanjangan Raja Arab Saudi tinggal di Bali adalah karena terwujudnya rasa aman dan nyaman,” imbuh Gatot, seraya menegaskan bahwa setiap prajurit Paspampres dituntut untuk melaksanakan tugas dengan sempurna tanpa kesalahan sekecil apapun.

Berita: Sigit | Foto: Istimewa/Puspen TNI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: