Belajar Bersosialisasi, Agama dan Bermusyawarah dalam Segala Kebaikan di Masjid

Jakarta |
Masjid itu bukan tempat sholat berjamaah saja, melainkan juga tempat belajar, tempat bersosialisasi, belajar agama dan bermusyawarah dalam segala kebaikan.

Demikian ditegaskan Ustadz Syech Hussein Jaber dalam ceramahnya pada peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW di Masjid Al Mukminun, RW 02 Pondok Kelapa, Kecamatan Duren Sawit, Jakarta Timur, Sabtu (3/3).

“Jadi masjid itu tempat berkumpul bekerjasama, beramar makruf nahi mungkar. Apalagi kalau pejabat (pemerintah) ikut di dalamnya. Ini pertanda baik,” kata Syech Hussein Jaber yang mengaku sudah mendatangi 70 persen tempat penting di seluruh Indonesia.

Hadir pada kesempatan itu Walikota Jakarta Utara Husein Murad, Kepala Bagian Perekonomian Jakarta Timur Yeni Asnita selaku ketua panitia dan H Kuncoro Hadi selaku Ketua Takmir Masjid Al Mukminun dan lebih 100 orang jamaah maupun anggota majelis taklim Al Mukminun.

Sementara Walikota Jakarta Utara H Husein Murad yang mantan Walikota Jakarta Timur mengakui peranan masjid dalam pembelajaran kemasyarakatan. “Termasuk dalam bertoleransi,” katanya.

Kepala BAZIS Jakarta Timur Drs Dwi Busara mewakili Walikota Jakarta Timur menyatakan berbahagia dapat berkumpul di masjid perumahan karyawan DKI Jakarta. “Apalagi ini dalam kesempatan mengkaji dan mengamalkan keteladanan Rusulullah,” katanya.

Direncanakan Walikota Bambang Musyawardana akan menghadiri acara hari itu. “Tapi ada acara dengan Bapak Wagub di Susukan Ciracas,” ujar Dwi Busara sambil minta maaf.

Diungkapkan hasil pengumpulan zakat, infaq dan shodaqoh tiap tahun meningkat berkat partisipasi masyarakat di Jakarta Timur termasuk dari PNS Pemko Jaktim yang cukup signifikan.

Tahun 2016 tercatat Rp 31 miliar, tahun 2017 mencapai Rp 41,4 miliar. “Jadi meningkat 10 miliar rupiah,'” tambah Dwi.

Dwi menyerahkan bantuan Rp 2 juta kepada panitia yang diterima ketua panita Yeni Asnita. Sebelumnya Yeni sudah menyalurkan santunan untuk 5 anak yatim warga sekitar perumahan karyawan DKI Jakarta.

Menanggapi ajakan Syech Husein Jaber, Kuncoro Hadi bersama takmir masjid Al Mukminun sepakat lebih memakmurkan masjid dengan berbagai kegiatan yang melibatkan remaja dan generasi muda umumnya.

Berita: Pri | Foto: Istimewa/Pri

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.