Atase Kepolisian di Yordania Bakal Dibentuk

Jakarta |
Wakil Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Wakapolri) Komjen Syafruddin mengatakan, Polri akan membentuk atase kepolisian di Yordania.

Menurut Komjen Syafruddin membentuk atase Polri di Yordania merupakan salah satu upaya untuk mengantisipasi masuknya radikalisme dan terorisme yang dibawa ISIS.

Saat ini, sambung Wakapolri, pintu masuk untuk bergabung dengan ISIS di Suriah selain dari Turki juga dari Yordania. Untuk itulah, perlunya atase kepolisian tersebut dibentuk. “Jadi kalau ada atase, koordinasi sangat bagus dengan aparat keamanan,” kata Syafruddin di Istanbul, Turki, Kamis (19/10).

Syafruddin meyakini dan berharap dalam beberapa bulan kedepan atase kepolisian di Yordania dapat segera dibentuk. “Akan ada dan pasti ada. Jadi step by step dulu kita. Dalam 2-3 bulan terealisasi, tergantung Ibu Menlu,” katanya dilansir Antaranews.

Saat membentuk atase kepolisian, Komjen Syafruddin mengaku telah berjalan sekitar lima bulan lalu. Sengaja dan perlu atase dibentuk, agar kerja sama antara aparat kepolisian Turki dengan Indonesia juga semakin erat.

“Perlu sekali peranan Polri di Turki ini sehingga pemerintah dalam hal ini kepolisian menempatkan atase kepolisian untuk bisa bantu pemerintah untuk bisa memfilter itu semua sehingga ekses dari pergolakan ISIS di Suriah yang jadi pusaran itu bisa kita filter sehingga ketika mereka kembali, jangan menjadi FTF (Foreign Terrorist Fighter),” pungkasnya.

Berita: Sigit | Foto: Istimewa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: