Warga RT 07 RW 10 Kelurahan Bakti Jaya Gelar Kegiatan Sosial Jumat Berkah Perdana

Depok |
Warga Rukun Tetangga (RT) 07 Rukun Warga (RW) 10 Kelurahan Baktijaya Kecamatan Sukmajaya Depok Timur, Jawa Barat, pada Jumat (8/1), menggelar acara Jumat Berkah Perdana dengan membagikan sembako kepada warga yang membutuhkan.

Acara yang digelar untuk pertama kalinya di lingkungan RW 10 itu, dibuka oleh Ketua RT 07 Bangkit Cahyono yang juga didampingi oleh Ketua RW 10 Isrowendi beserta pengurus lainnya.

Dalam sambutannya Bangkit Cahyono menyatakan apresiasinya kepada seluruh warga RT 07 yang telah ikut berpartisipasi secara moril maupun materil, sehingga acara Jumat Berkah hari itu bisa terlaksana.

“Terima kasih kepada warga RT 07 yang telah memberikan sumbangsih dan donasinya agar acara Jumat Berkah ini dapat berjalan lancar sesuai harapan kita bersama,” ujarnya.

Ketua RT 07 RW 10 Baktijaya Bangkit Cahyono (Foto: Ist.)

Dijelaskan oleh Bangkit tujuan digelarnya acara Jumat Berkah, disamping dalam rangka memperkuat tali silahturahmi juga membantu sesama dalam suasana Covid-19 dengan cara berbagi kebutuhan sembako bagi warga yang terdampak.

Menurut Bangkit, dengan diadakannya acara Jumat Berkah merupakan wujud nyata kepedulian warga kepada sesama serta kerukunan saling berbagi dalam lingkungan RT 07 yang dipimpinnya itu.

Selain itu, sambungnya, sekaligus juga memberikan wadah kepada warga RT 07 yang biasanya berbagi bantuan dengan dilaksanakan secara sendiri-sendiri, maka dengan adanya acara Jumat Berkah bisa dikoordinir untuk lebih merata dan tepat sasaran.

Meskipun demikian, pria yang kesehariannya bertugas sebagai tenaga pendidik atau dosen di Politeknik Keuangan Negara-Sekolah Tinggi Akuntansi Negara (PKN-STAN) itu selalu menekankan warganya untuk selalu menerapkan protokol kesehatan (prokes) guna mengantisipasi penyebaran pandemi Covid-19.

“Acara di setiap Jumat Berkah harus dilakukan sesuai protokol kesehatan guna mengantisipasi Covid-19, antara lain dilakukan di tempat terbuka (outdoor), menjaga jaga jarak (physical distancing), mencuci tangan, dan wajib menggunakan masker,” ucapnya.

Kepada awak media, Bangkit Cahyono mengatakan bahwa rencananya Acara Jumat Berkah dillingkungannya tersebut akan digelar setiap satu minggu sekali. Kedepan dirinya berharap dengan adanya acara Jumat Berkah bisa menambah rasa kebersamaan walaupun dalam situasi sulit yang sedang terjadi di seluruh dunia.

“Kegiatan dilakukan setiap minggu pada hari Jumat jam 6.30 WIB sampai dengan selesai. Semoga diadakannya acara ini dapat meningkatkan kerukunan, rasa persatuan warga, rasa tolong menolong dalam suasana pandemi sekarang ini,” pungkasnya.

Sementara di kesempatan yang sama, Ketua RW 10 Isrowendi mengatakan, bahwa kegiatan Jumat Berkah yang dilakukan pengurus dan warga RT 07 sangat membanggakan karena disaat kondisi ekonomi sedang sulit masih ada semangat untuk berbagi.

Oleh karena itu, dirinya memberikan penghargaan dan mengapresiasi atas kegiatan Jumat Berkah yang dilakukan RT 07 yang diadakan murni atas inisiatif pengurus dan warga itu sendiri.

“Saya selaku Ketua RW 10 Kelurahan Baktijaya menyatakan apresiasi dan penghargaan kepada warga RT 07 atas inisiatifnya menggelar kegiatan ini walaupun disaat keadaan sedang sulit namun masih ada semangat untuk saling berbagi,” tuturnya.

Disampaikan juga oleh Isro, bahwa pihaknya sebelumnya juga pernah menggelar kegiatan serupa, yaitu dengan membuat acara Lumbung Pangan pada saat awal terjadinya Pandemi Covid-19.

Isro juga berharap kedepannya kegiatan Jumat Berkah dapat berlangsung terus menerus dan dapat menginspirasi RT lain untuk melakukan hal yang sama. “Ada kemungkinan dapat dilakukan untuk tingkat RW 10,” imbuhnya.

Pada kegiatan itu juga tampak hadir Sektretaris RW 10, Ketua RT 06, Pengurus RT 07, Ketua dan Pengurus PKK, serta segenap warga di lingkungan RT 07 RW 10 Baktijaya.

Berita: Mh | Foto: Istimewa/Dok.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.