Wagub Aceh Ajak Generasi Muda Perkuat Keterampilan Vokasi

Lhokseumawe |
Wakil Gubernur (Wagub) Aceh Nova Iriansyah mengajak generasi muda Aceh agar sejak dini memperkuat keterampilan diri melalui pendidikan vokasi.

Menurut Wagub Nova Iriansyah, dengan kurikulum yang dirancang khusus, lulusan akan mampu mengembangkan bidang spesialisasi yang ditekuni sesuai kebutuhan lapangan.

“Dengan keahlian itu, para alumni dapat bekerja di sektor swasta atau mengembangkan usaha sebagai wiraswasta,” ujar Nova saat menghadiri rapat terbuka Dies Natalies ke 30 dan Orasi Ilmiah Senat Politeknik Negeri Lhokseumawe, di Aula Serbaguna Politeknik Negeri Lhokseumawe, Aceh, Senin (18/12).

Lagipula, sambung Nova, kurikulum pendidikan vokasi biasanya telah disinergikan dengan potensi daerah, sehingga keahlian itu dapat dimanfaatkan untuk kesejahteraan masyarakat.

Nova juga berharap, Politeknik Lhokseumawe sebagai salah satu perguruan tinggi vokasi yang tertua di Aceh mampu melahirkan alumni yang terampil sesuai kebutuhan lapangan.

”Politeknik Negeri Lhokseumawe harus terus berbenah, terus mengembangkan kurikulum sesuai kebutuhan lapangan, serta mampu menselaraskan diri dengan perkembangan zaman,” sebutnya.

Disamping itu, Politeknik Lhoseumawe diharapkan menjadi sumber bagi penyediaan tenaga kerja terampil yang dapat mendukung pengembangan KEK Arun-Lhokseumawe ke depan.

“Kalau generasi muda Aceh tidak memiliki keterampilan yang memadai, jangan salahkan jika lapangan kerja yang tersedia akan banyak diisi oleh pekerja dari luar Aceh,” ujar Nova dilansir humas.acehprov.go.id.

Sementara itu, Dirjen Pembinaan Kelembagaan Perguruan Tinggi Dr Totok Prasetyo BEng MT mewakili Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti) Muhammad Nasir menyampaikan orasi ilmiah berjudul “Peran Politeknik Lhokseumawe Dalam Menyonsing Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Arun Lhokseumawe”.

Pada hari itu, Wagub Nova Iriansyah juga membuka pameran hasil karya mahasiswa di halaman kampus Politeknik Negeri Lhokseumawe.

Tampak hadir beberapa tokoh penting dalam acara tersebut, diantaranya mantan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Indonesia, Azwar Abubakar selaku penyantun Politeknik Lhokseumawe, Mantan Plt Gubernur Aceh Tarmizi Karim, serta sejumlah pejabat lainnya.

Berita: Machfud | Foto: Istimewa/Humas

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *