April 20, 2024

Tingkatkan Kerja Sama Bidang Keamanan Siber, Kepala BSSN Bertemu dengan Menkominfo Singapura

Denpasar |
Kepala Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) Hinsa Siburian bertemu dengan Menteri Komunikasi dan Informasi (Menkominfo) Singapura Josephine Teo di sela-sela acara Singapore International Cyber Week, di Jasmine Room, Level 3, Sands Expo and Convention Centre, Singapura pada Selasa (17/10).

Saat pertemuan, Kepala BSSN didampingi oleh Direktur Strategi Keamanan Siber dan Sandi BSSN Sigit Kurniawan, Direktur Operasi Keamanan Siber BSSN Andi Yusuf, staf Kedubes RI di Singapura, serta anggota delegasi lainnya dari BSSN.

Pada kesempatan tersebut, Hinsa menyampaikan selamat kepada Menteri Josephine atas terselenggaranya Singapore International Cyber Week 2023.

“BSSN menyampaikan terima kasih, rasa hormat yang tulus dan mengapresiasi terhadap kerja keras Pemerintah Singapura dalam menyelenggarakan Singapore International Cyber Week, sebuah acara yang rutin diadakan setiap tahun,” ujarnya, dalam siaran pers yang dirilis Jum’at (20/10).

Menurut Hinsa, Indonesia sepenuhnya mendukung upaya Singapura dalam menyatukan para pembuat kebijakan global, pemimpin industri, dan akademisi terkemuka dari seluruh dunia untuk berbagi praktik terbaik. “Dan memperkuat kerja sama internasional di berbagai topik bahasan keamanan siber,” ucapnya.

Lebih lanjut Kepala BSSN Hinsa Siburian mengungkapkan bahwa hingga saat ini antara pemerintah Indonesia dan Singapura belum memiliki perjanjian kerja sama terkait kemanan siber. “Kami berharap Indonesia dan Singapura bisa membuat MoU keamanan siber,” katanya.

Melihat ke depan, sambung Hinsa, ada banyak yang bisa dikerjakan dengan adanya MoU keamanan siber tersebut. Dikatakannya, melalui pertemuan ini, sebagai negara tetangga pihaknya berharap dapat menjalin kerja sama di bidang keamanan siber.

“Serta belajar dari pengalaman dan keahlian Singapura untuk meningkatkan kapasitas dan kapabilitas keamanan siber nasional Indonesia,” tambah Hinsa.

Menanggapi pernyataan Kepala BSSN tersebut, Menteri Josephine menyatakan apresiasi dan menambahkan bahwa sebenarnya telah ada forum ASEAN Ministerial Conference on Cybersecurity (AMCC).

“Namun demikian jika BSSN ingin lebih intensif, pihaknya bisa mengontak Badan Keamanan Siber Singapura (CSA) untuk bertemu dengan BSSN,” ungkap Josephine.

Kepala BSSN mengucapkan terima kasih, atas kerja sama yang telah terjalin. Diharapkan pertemuan tersebut menjadi langkah awal yang baik untuk memperkuat hubungan kemitraan antara Indonesia dan Singapura dalam menghadapi tantangan keamanan siber.

Berita: Red/Gate 13 | Foto: Ist.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.