Rapat ke 2 Pra UKW PWOIN Depok Tentukan Tanggal Pelaksanaan dan Fokus Persiapan

Depok |
Pengurus dan Anggota Perkumpulan Wartawan Online Inependen (PWOIN) Kota Depok kembali menggelar rapat Panitia Pelaksana (Panpel) Pra Uji Kompetensi Wartawan (UKW), di Komplek Taman Manggis Permai, Depok, Jawa Barat, Senin (6/7).

Pada rapat ke 2 tersebut Ketua Panpel Johannes Panggabean menyampaikan beberapa materi yang perlu dipersiapkan dalam pelaksanaan Pra UKW yang pertama kalinya bakal diselenggarakan di Kota Depok.

“Pada rapat kali ini telah ditentukan para koordinator dan petugas yang bertanggung jawab pada hal-hal yang kami kira perlu diadakan guna memenuhi kebutuhan pelaksanaan Pra UKW di hari H nantinya,” katanya.

Untuk tempat pelaksanaan, sambung Johannes, sudah ditentukan akan memakai gedung perpustakaan Pemerintah Kota (Pemkot) Depok di Jalan Margonda Raya. Menurut pria yang akrab disapa John itu, koordinasi dengan pihak Pemkot dalam hal ini sangatlah perlu, mengingat estimasi waktu pelaksanaan yang tinggal 2 minggu lagi.

“Oleh karena itu, dalam waktu dekat kami selaku panitia akan kembali menggelar rapat lanjutan, guna menunggu dan menerima laporan dari para koordinator atau penanggungjawab kebutuhan pelaksanaan, seperti alat-alat pendukung, logistik, konsumsi, dan sebagainya,” ujarnya.

Pada kesempatan itu Ketua PWOIN Kota Depok Benny Gerungan yang memimpin rapat kembali mengingatkan kepada anggotanya, bahwa pelaksanaan Pra UKW ini cukup terbilang cukup penting.

“Kegiatan Pra UKW ini menurut saya penting, karena akan menjadi bekal teman-teman wartawan khususnya pengurus dan anggota PWOIN Kota Depok dalam menghadapi UKW nantinya,” tuturnya.

Menurut Benny, para peserta nantinya akan dibekali materi-materi seputar jurnalistik yang pastinya sangat berguna dalam menghadapi UKW di masa mendatang, serta menjadi bekal pengetahuan para anggota dalam menjalani tugas-tugasnya sebagai wartawan.

“Saya berharap saat digelar Pra UKW nantinya bisa berjalan lancar, dan teman-teman wartawan tidak merasa ada beban. Santai dan rileks saja,” ucapnya sambil diiringi tawa para pengurus dan anggota yang hadir.

Dijelaskan oleh Benny, pelaksanaan Pra UKW diagendakan berlangsung selama 2 hari, dengan mengundang beberapa tamu dan narasumber. Diantara narasumber akan ada yang tampil sebagai pemberi materi dan penilai.

“Acara pertama akan diisi beberapa sambutan dari tamu undangan dan diisi acara pembekalan materi dari narasumber, serta acara hiburan musik dan pembacaan puisi persembahan dari beberapa seniman dan musisi. Kemudian di hari ke dua para peserta akan menjalani Pra UKW,” paparnya.

Ketua PWOIN Kota Depok itu juga mengungkapkan, bahwa pada penyelenggaraan Pra UKW ini ada beberapa pihak-pihak yang menghubunginya guna mengajak bergabung dan bekerjasama.

“Ada dari organisasi wartawan lain yang ingin berpartisipasi dan mendukung kegiatan kita ini, serta minta untuk bergabung sebagai peserta Pra UKW,” jelas Benny.

Menanggapi itu, Benny mengatakan bahwa dirinya akan menerima dengan tangan terbuka karena tentunya kegiatan ini sangat positif dan diperlukan bagi para wartawan di Kota Depok, khususnya yang belum pernah mengikuti UKW.

Diungkapkan juga oleh Benny, kegiatan Pra UKW sudah menjadi agenda program kerja PWOIN Kota Depok yang rencananya dipersiapkan untuk awal tahun 2020.

“Namun dikarenakan adanya pandemi Covid-19 harus ditunda dan baru kembali dicanangkan pasca Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) yang diterapkan oleh pemerintah,” pungkasnya.

Pada rapat tersebut tampak hadir Sekretaris Jenderal (Sekjen) PWOIN Surachman dan beberapa wartawan media on-line yang bertugas di wilayah Kota Depok, Jakarta dan sekitarnya.

Berita: Red | Foto: Istimewa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: