Presiden Jokowi Hadiri Kongres Ke 5 PDI Perjuangan di Bali

Denpasar |
Presiden Joko Widodo (Jokowi) menghadiri pembukaan Kongres V Partai Demokrasi Indonesia (PDI) Perjuangan, yang digelar di Ruang Agung, Inna Grand Bali Beach Hotel, Sanur, Bali, Kamis (8/8).

Pada kesempatan itu, Jokowi menyampaikan ucapan terima kasih atas dukungan yang diberikan oleh PDI Perjuangan dalam kerja 5 tahun belakangan. Dia juga berharap, kerjasama dengan partai berlogo banteng itu bisa terus berlanjut untuk 5 tahun ke depan.

“Kita telah berjuang bersama, bergerak bersama, dan kita akan berjuang bersama dan bergerak bersama untuk mewujudkan nilai-nilai kerakyatan, untuk mewujudkan nilai-nilai nasionalisme demi keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia,” ucap Jokowi. 

Disampaikan juga oleh Jokowi, rasa syukur dan apresiasiatas kerja keras Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri beserta seluruh keluarga besar PDI Perjuangan, karena membawa hasil yang memuaskan dan menjadikan PDIP Perjuangan jadi partai pemenang Pemilu 2019.

Menurutnya, di bawah kepemimpinan Megawati Soekarnoputri, PDIP Perjuangan telah membuktikan kiprah sukses dua kali berturut-turut sebagai pemenang di pemilu yaitu di 2014 dan 2019, bahkan sudah 3 kali dihitung sejak era reformasi.

“Hal ini membuktikan bahwa PDIP Perjuangan adalah partai pelopor yang matang secara ideologi, tidak perlu diragukan mengenai ini, yang kuat dan besar mengakar sampai ke akar rumput, yang kadernya yang royal dan militan,” ujarnya.

Jokowi juga mengatakan, bahwa pada periode kepemimpinan tahun 2019-2024 pekerjaannya tambah berat, serta tantangan yang dihadapi juga akan lebih berat.

Ia menunjuk contoh isu toleransi dan radikalisme yang menjadi ancaman dan tantangan NKRI, disamping ekonomi global juga sedang mengalami perlambatan, termasuk perang dagang antara Amerika dan Tiongkok.

“Kita harus siap terhadap kebijakan-kebijakan yang tidak populer sekalipun tetapi itu penting untuk rakyat,” imbuh Jokowi.

Usai menghadiri Pembukaan Kongres V PDI Perjuangan, Presiden Jokowi bersama Ibu Negara Iriana Joko Widodo dijadwalkan langsung bertolak ke Kuala Lumpur, Malaysia, untuk melakukan kunjungan balasan atas kunjungan Perdana Menteri (PM) Malaysia Mahathir Muhammad ke Jakarta, Juni lalu.

Acara Pembukaan Kongres V PDI Perjuangan itu dihadiri oleh Wakil Presiden Jusuf Kalla, Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto, KH Ma’ruf Amin, Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh, Ketua Umum Partai Hanura Oesman Sapta Odang, Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto, Ketua Umum PPP Suharso Monoarfa, dan Ketua Umum PKPI Diaz Hendropriyono.

Berita: Sigit | Foto: Istimewa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.