July 18, 2024

Polri Ajak Ormas Jaga Lingkungan Supaya Tetap Aman dan Nyaman

Denpasar |
Polri mengajak semua organisasi kemasyarakatan (ormas) untuk ikut menjaga keamanan lingkungan sekitar agar tetap aman dan membuat nyaman.

Hal itu disampaikan Kombes Pol Hari Purnomo saat menghadiri acara Lembaga Persahabatan Ormas Islam (LPOI) yang menggelar Tadarus Kebangsaan di Ballroom Hotel Royal Kuningan, Jakarta, Sabtu (25/3).

“Untuk mewujudkan negeri yang baldatun thayyibatun wa rabbun ghofur, tidak bisa sendiri-sendiri. Perlu adanya gotong royong dan sinergi antar ormas, dan kerja sama umara dan ulama untuk guyub, rukun, bahu-membahu membina masyarakat, agar mereka mempunyai partisipasi yang lebih aktif dalam mengamankan lingkungan tempat tinggalnya,” ujarnya.

Dilansir portal Divisi Humas Polri, Senin (27/3), Kombes Pol Hari Purnomo yang mewakili Korps Pembinaan Masyarakat Badan Pemelihara Keamanan (Korbinmas Baharkam) Polri juga mengatakan pentingnya kegiatan ini untuk mewujudkan suatu negeri yang di dambakan.

Polri dalam menjalankan tugas, sambungnya, berpedoman pada tugas, pokok, dan fungsinya (tupoksi) yang tertulis dalam Pasal 13 Undang-Undang (UU) Nomor 2 Tahun 2002 tentang Kepolisian.

Dijelaskan Hari Purnomo bahwa peraturan tersebut yang menyebutkan tugas pokok Polri yaitu memelihara keamanan dan ketertiban masyarakat, menegakkan hukum, memberikan perlindungan, pengayoman dan pelayanan kepada masyarakat.

“Polri melakukan langkah preventif dan langkah represif. Kami menyoroti pada langkah tindakan preventif, karena yang kita pahami bersama bahwa mencegah itu lebih baik dari pada mengobati,” tuturnya.

Kombes Pol Hari Purnomo menjelaskan, langkah-langkah preventif salah satunya dengan intervensi kepada segala macam potensi gangguan. Agar risiko gangguan tersebut tidak meningkat, menjadi suatu bentuk ancaman gangguan atau gangguan nyata.

Dirinya menggarisbawahi, Polri bekerjasama dengan organisasi masyarakat untuk melakukan upaya pembinaan, penyuluhan, dan menata aspek-aspek kehidupan baik itu sosial, ekonomi, budaya, dan lain sebagainya.

“Seperti yang disampaikan KH. Chriswanto Santoso Ketum LDII, membuat program ketahanan pangan dan BNPT juga melakukan penanaman pohon alpukat dan beberapa kegiatan lain,” imbuhnya.

Berita: Red/Gate 13 | Foto: Ist.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.