Petugas Berhasil Padamkan Kebakaran di Gunung Lawu

Jakarta |
Kebakaran hutan dan lahan (karhutla) pada Hutan Lindung Gunung Lawu, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah, Selasa (11/9), akhirnya berhasil dipadamkan petugas pada pukul 14.00 WIB.

Sebanyak 150 personil yang berasal dari Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Jawa Tengah Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), Perhutani, Polri, Koramil, dan relawan, saling bahu membahu melakukan pemadaman kebakaran yang terjadi pada lahan seluas kurang lebih 30 hektar yang terbakar sejak Senin (10/9) pukul 16.00 WIB.

Kepala BKSDA Jateng Suharman menjelaskan, kebakaran diketahui terjadi di petak 62.A (Resort Pemangkuan Hutan) RPH Tlogo Dringgo, Badan Kesatuan Pemangkuan Hutan (BKPH) Lawu Utara, Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Surakarta,di Dusun Dringgo, Desa Gondosuli, Kecamatan Tawangmangu, dan Kabupaten Karanganyar.

Selain itu, sambung Suharman, kebakaran hutan juga terjadi di Gunung Sindoro, yang termasuk wilayah BKPH Temanggung, tepatnya petak 10 RPH Kwadungan.

“Meski kondisi api dilaporkan sudah mulai mengecil, namun kebakaran berpotensi dapat terjadi di wilayah hutan BKPH Wonosobo, petak 21 RPH Anggrunggondok,” ungkapnya.

Ditambahkan oleh Suharman, saat ini masih belum diketahui berapa luasan karhutla di Gunung Sumbing, “Tepatnya di hutan wilayah Temanggung, perbatasan hutan wilayah RPH Kemloko, dan RPH Mangli,” pungkasnya.

Upaya pemadaman di Gunung Sindoro Sumbing ini, dipimpin oleh Komandan Distrik Militer (Dandim) Temanggung, dengan dukungan heli dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNBP).

Berita: Mh | Foto: Istimewa/Humas

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.