Disaksikan Mendagri dan Gubernur, 40 Anggota DPRD Kota Malang Hasil PAW Resmi Dilantik

Jakarta |
Sebanyak 40 anggota baru DPRD Kota Malang dilantik oleh Pelaksana Tugas (Plt) Ketua DPRD Abdurrohman, di Gedung DPRD Kota Malang, Jawa Timur, Senin (10/9).

Para anggota baru tersebut digantikan oleh fraksi-fraksi DPRD Kota Malang untuk melanjutkan sisa masa jabatan anggota DPRD Kota Malang periode 2014 – 2019, yang ditetapkan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) sebagai tersangka dengan mekanisme Pergantian Antar Waktu (PAW).

Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo, Gubernur Jawa Timur Soekarwo, pejabat pemerintah Kota Malang, serta perwakilan dari 10 partai yang memiliki kursi di DPRD Kota Malang, tampak menghadiri pelantikan yang terbilang cukup istimewa itu.

Gubernur Soekarwo dalam sambutannya berpesan agar ke 40 anggota DPRD yang baru dilantik itu bisa menjaga integritasnya, sehingga dapat menghasilkan kinerja yang bagus.

“Saya rasa kalau dari sisi pelayanan masyarakat sudah sangat bagus. Hanya masalah integritas saja yang perlu diperbaiki,” kata pria yang akrab Pakde Karwo itu.

Langkah percepatan PAW anggota DPRD Kota Malang juga diaprsiasi oleh Mendagri Tjahjo Kumolo, karena menurutnya langkah tersebut diperlukan untuk membangun tata kelola pemerintahan yang efektif dan efisien.

“Atas nama pemerintah pusat kami mengapresiasi kepada Pemerintah Provinsi Jawa Timur, khusus Gubernur Soekarwo, sehingga hari ini terlaksana pelantikan 40 anggota DPRD Kota Malang,” sebut Tjahjo.

Sebelumnya diberitakan sebanyak 41 anggota DPRD Kota Malang telah ditetapkan sebagai tersangka dalam kasus dugaan tindak pidana korupsi menerima hadiah terkait fungsi dan kewenangan DPRD Kota Malang periode 2014-2019.

Salah seorang dari ke 41 anggota DPRD Kota Malang itu sebelumnya sudah dilakukan proses PAW. Sehingga hari ini yang tersisa sebanyak 40 anggota baru hasil PAW menggantikan ke 40 anggota yang diberhentikan oleh partai masing-masing resmi dilantik.

Berita: Sigit | Foto: Istimewa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.