Persatuan Perawat dengan BNN Sepakat Laksanakan P4GN

Jakarta |
Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI) bersama Badan Narkotika Nasional (BNN) melakukan penandatanganan nota kesepahaman di Gedung BNN, Cawang, Jakarta Timur, Senin (14/8).

Nota kesepahaman ditandatangani oleh Kepala BNN Komjen Pol Drs Budi Waseso dan Ketua Umum Dewan Pengurus PPNI Harif Fadhillah SKp SH, setelah melakukan audiensi bersama beberapa waktu lalu.

Tujuan utama dari kerjasama ini yakni menjalin sinergitas dalam menyelenggarakan Pencegahan dan Pemberantasan Penyalaggunaan dan Peredaran Gelap Naktotika (P4GN) dalam rangka mewujudkan masyarakat yang bersih dari narkoba.

Sesuai himbauan Kepala BNN bahwa seluruh komponen bangsa harus aktif berpartisipasi P4GN dalam perang melawan narkoba maka penandatanganan nota kesepahaman ini merupakan bentuk partisipasi dari PPNI sebagai satu-satunya organisasi profesi perawat di Indonesia dalam P4GN.

Hal ini juga sejalan dengan visi dan misi dari organisasi PPNI yakni menjalin kerjasama dengan berbagai lingkungan baik pemerintah maupun pihak swasta.

Beberapa hal yang termasuk ke dalam ruang lingkup kerjasama ini diantaranya advokasi dan penyebarluasaan informasi P4GN, peningkatan kompetensi dan kapasitas sumber daya perawat melalui penyelenggaraan pendidikan dan pelatihan seperti konselor adiksi, relawan anti narkoba, penggiat anti narkoba, asuhan keperawatan, intervensi psikososial, serta modalitas terapi dan rehabilitasi gangguan penggunaan zat.

Disamping itu kerjasama juga dilakukan dalam pengembangan kurikulum pendidikan keperawatan adiksi dan pelaksanaan tes uji narkoba bagi PPNI.

Sementara itu Kepala BNN Budi Waseso berharap dapat segera merealisasikan berbagai hal yang telah disepakati dalam kerjasama melalui langkah-langkah nyata melalui berbagai program dan kegiatan. Sekaligus, Buwas mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada PPNI yang telah turut berpartisiapsi dalam pelaksanaan P4GN.

Penandatanganan nota kesepahaman merupakan bentuk kesungguhan tekad dan komitmen nyata yang ditunjukkan PPNI sebagai salah satu komponen bangsa yang menaungi profesi perawat seluruh Indonesia.

Dengan kerjasama ini Ketua Umum Dewan Pengurus PPNI menegaskan agar jangan sampai ada perawat yang melakukan penyalahgunaan narkoba meskipun perawat itu dekat sekali dengan obat-obatan.

Berita: Mh | Foto: Istimewa/Humas BNN

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *