Peran Aktif BUMN Lewat Pembangunan Balkondes

Magelang |
Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengapresiasi peran aktif Badan Usaha milik Negara (BUMN) dalam mendorong kemajuan ekonomi masyarakat melalui pembangunan Balai Ekonomi Desa (Balkondes).

Apresiasi tersebut disampaikan Presiden Jokowi kunjungan kerja bersama Menteri BUMN Rini M Soemarno ke Balkondes BUMN di 2 desa yang berada di Wilayah Pariwisata Candi Borobudur, Magelang, Jawa Tengah, Senin (18/9).

Jokowi dalam kunjungan kerjanya kali ini mendatangi Balkondes Tuksongo dan Balkondes Wringinputih. Balkondes merupakan salah satu bagian dari program BUMN Hadir untuk Negeri yang digagas Kementerian BUMN.

Sementara itu Rini Soemarno mengungkapkan, konsep didirikannya Balkondes adalah untuk membangun ekonomi kerakyatan melalui bantuan tanggung jawab sosial perusahaan yang mendukung kemajuan sektor pariwisata.

“Balkondes didirikan sebagai sarana pengembangan perekonomian masyarakat setempat melalui pengembangan kegiatan UMKM di lingkungan sekitar. Di satu sisi juga adanya homestay dapat dipadukan dengan ekplorasi seni dan budaya lokal untuk menunjang pariwisata setempat,” terang Rini.

Melalui semangat sinergi BUMN Hadir untuk negeri, sambung Rini, BUMN telah mampu menghadirkan 16 Balkondes di 16 Desa dari 20 Desa yang direncanakan di Kecamatan Borobudur. “Balkondes yang dibangun oleh BUMN ini diserahkan sepenuhnya kepada masyarakat sebagai bentuk kepedulian sosial perusahaan kepada masyarakat Indonesia,” katanya

Pada kunjungannya di lokasi Balkondes Tuksongo, Presiden Jokowi disambut langsung oleh Camat Borobudur dan berkesempatan memberikan bantuan berupa bibit Kopi dan Cengkeh kepada 20 Kepala Desa di Borobudur.

Balkondes Tuksongo yang dibangun Telkom Indonesia dan telah diresmikan sebelumnya oleh Menteri BUMN Rini M. Soemarno pada 20 Agustus 2017, ditunjang dengan berbagai fasilitas dan layanan terintegrasi berbasis digital.

Fasilitas digital tersebut antara lain, mulai dari room automation, sistem pemesanan paket wisata berbasis online hingga sistem pembayaran dengan digital cash. Balkondes Tuksongo juga dilengkapi dengan digital signage dan fasilitas smart parking.

Sumber: Mh | Foto: Istimewa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *