Menristekdikti Dorong PT Tingkatkan Kualitas dan Peroleh Akreditasi A

Jakarta |
Menanggapi tantangan dan peran perguruan tinggi dalam menghadapi era industri 4.0, Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menteri Ristekdikti) Mohamad Nasir, terus mendorong perguruan tinggi (PT) di Indonesia, baik negeri ataupun swasta agar dapat meningkatkan kualitasnya untuk memperoleh akreditasi A.

Hal itu dikemukakan Menteri Nasir saat menghadiri Wisuda dan Dies Natalis Universitas Nasional (Unas) ke 70 di Jakarta Convention Center, Jakarta, Minggu (22/9).

“Saya mendorong perguruan tinggi untuk meningkatkan kualitasnya, baik swasta maupun negeri. Hal ini merespons tantangan dan peran perguruan tinggi dalam menghadapi era industri 4.0,” katanya.

Dibandingkan awal masa pemerintahannya, sebut Nasir, terjadi lompatan jumlah perguruan tinggi di Indonesia yang telah meraih akreditasi A.

“Saat ini sudah ada 96 perguruan tinggi di Indonesia yang telah meraih akreditasi A, 13 di antaranya merupakan perguruan tinggi swasta di Jakarta,” ucap Menristedikti.

Dirinya pun berharap kampus dapat menjadi penggerak inovasi membangun negeri, sehingga Sumber Daya Manusia (SDM) dan Ilmu pengetahuan dan teknologi (Iptek) yang dihasilkan akan menjadi kekayaan yang tidak ternilai menjadi modal bangsa dalam percaturan global di era industri 4.0.

Dalam kesempatan tersebut turut hadir Dirjen Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kemenristekdikti Ismunandar, Sekretaris Pelaksana Kopertis Wilayah III Jakarta Periode M Samsuri, Guru besar dari berbagai Perguruan Tinggi Negeri di Indonesia seperti UGM, UNHAS dan UNSOED, serta dari negara Malaysia dan Korea Selatan.

Berita: Mh | Foto: Istimewa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.