Menko Polhukam Pimpin Rakornas TPPU di Kantor PPATK

Jakarta |
Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Wiranto memimpin rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Pencegahan dan Pemberantasan Tindak Pidana Pencucian Uang (TPPU) di Kantor Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) Jakarta, Selasa (29/8).

Rakornas digelar untuk membahas persiapan Indonesia untuk menghadapi kedatangan tim Asia Pasific Group (APG) yang akan melakukan Mutual Evaluation Review (MER) pada November 2017 mendatang.

Menko Polhukam Wiranto mengatakan, APG akan menjajaki Indonesia dengan persyaratan-persyaratan yang sudah ditentukan untuk nantinya kalau memang sudah lolos dari Mutual Evaluation Review (MER).

“Maka kita akan lebih leluasa untuk dipertimbangkan masuk menjadi anggota Financial Action Task Force (FATF),” sebut Wiranto.

Menko Polhukam yang sekaligus menjabat Ketua Komite TPPU menyampaikan, telah memiliki banyak data terkait dengan hambatan-hambatan dalam menghadapi assessment yang akan dilakukan oleh tim APG.

Disamping itu, Wiranto menyampaikan bahwa PPATK telah melakukan mock up atau pelatihan dengan Australian Transaction Reports and Analysis Centre (AUSTRAC) untuk menghadapi kedatangan tim utusan MER.

Menurut Wiranto, pihaknya juga sudah memiliki jadwal lengkap. Kapan tim MER datang dan apa yang akan ditanyakan. Sehingga kita sudah bisa mengantisipasi. “Kebetulan kita juga sudah mempunyai tim untuk menghadapi itu, tim MER Indonesia, itu 57 orang,” pungkasnya.

Berita: Sigit | Foto: Istimewa/Humas

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.