Keberanian dan Kreativitas Anak PAUD Cerminan Pemimpin Masa Depan

Jakarta |
Kepala Seksi Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Sudin Pendidikan Jakarta Timur 1 Meliyati menegaskan, melihat kreativitas dan keberanian tampil anak-anak PAUD adalah melihat calon pemimpin masa depan.

Karena itu diharapkan anak-anak ini tidak hanya terampil dan berani saja, melainkan juga cerdas, berahlaq mulia dan berbakti kepada kedua orangtuanya.

Hal itu diungkapkan Meliyati ketika membukan Festival PAUD & Keluarga Bina Balita Kelurahan Malaka Jaya di PAUD Ceria Indah di Lapangan RW 03 Malaka Jaya, Kecamatan Duren Sawit, Jakarta Timur, Rabu (7/3).

Hadir Lurah Malaka Jaya Lidiana Endah, para Penilik Sekolah Kecamatan Duren Sawit di antaranya Reni, Kepala Seksi Pengumpulan BAZIS Jakarta Timur Budi Rianto mewakili Kepala BAZIS Jaktim Dwi Busara, Kepala Kantor Cabang Pegadaian Buaran, Kusno, Ketua Paguyuban Bina Keluarga Balita (BKB) PAUD se Malaka Jaya Sri Sumardiyati SPd, serta para pimpinan PKK dan LMK se Malaka Jaya.

Hadir pula Ketua Forum Komunikasi RW se Malaka Jaya Andang Subaryono SSos yang menggerakkan warganya sebagai tuan rumah festival dan bazar BKB PAUD tersebut.

Lebih lanjut Meliyati yang juga mengemban pesan Ketua TP PKK Jakarta Timur Hj Siti Syamsiah Bambang itu melihat sendiri kiprah pendidikan anak usia dini di Malaka Jaya dan hasilnyapun positip.

Ada 80 persen materi yang diajarkan para tutor maupun guru PAUD kepada anak asuhnya adalah praktik kerja nyata yang didasarkan keilmuan.

Namun diakui tidak semua lembaga BKB PAUD memiliki fasilitas gedung tempat belajar dan mengajar yang memadai. “Ini terutama PAUD yang dibina RW masing-masing,” katanya.

Mengenai jumlah lembaga PAUD menurut Meliyati melebihi jumlah RW yang ada. Menurut catatan Kecamatan Duren Sawit terdapat 96 RW.

Ketua panitia Muji Rahayu SPd melaporkan festival dan bazar ini diikuti 13 BKB PAUD se Malaka Jaya dengan mengikutkan 341 anak anak siswanya menampilkan bermacam ketrampilan dari tari, hafalan surat pendek Al Quran, kerajinan tangan sampai membuat kue. “Semua anak anak nanti mendapat piala,” katanya.

Lurah Lidiana Endah menyatakan ini merupakan ketiga kalinya festival BKB PAUD dan bazar se Malaka Jaya. Untuk itu pihaknya menyediakan piala penghargaan bagi BKB PAUD terbaik administrasi dan pengelolaannya.

Tampak anak anak PAUD dengan kostum yang imut imut tampil di panggung membuat gembira para orang tua yang melihatnya. Dengan sendirinya pemandangan deretan fotografer android selalu ramai dan antusias mengabadikan saat anak-anak balita itu tampil di panggung.

Berita: Pri | Foto: Istimewa/Pri

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.