July 15, 2024

Kapolri Lantik Dankorbrimob, Kapusdokkes, dan 3 Kapolda

Denpasar |
Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo melantik sejumlah perwira tinggi (pati) Polri untuk mengisi jabatan baru, antara lain Komandan Korps Brigade Mobil (Dankorbrimob), Kepala Pusat Kedokteran dan Kesehatan Kepolisian (Kapusdokkes), dan tiga Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda).

Tiga Kapolda yang dilantik diantaranya Kapolda Lampung Inspektur Jenderal (Irjen) Pol Akhmad Wiyagus, Kapolda Gorontalo Irjen Pol Helmi Santika dan Kapolda Papua Barat Irjen Pol Daniel Tahi Silitonga.

Hal itu disampaikan Kepala Divisi Humas (Kadiv Humas) Polri Irjen Pol Dedi Prasetyo, dalam keterangannya yang dilansir portal humas.polri.go.id, Rabu (29/6).

Ditambahkannya, ada juga pelantikan kenaikan pangkat dengan beberapa golongan. Pertama, Dankorbrimob menjadi bintang tiga atau Komisaris Jenderal (Komjen).

Kedua, tambah Dedi, ada enam pati yang naik pangkat menjadi Irjen dan delapan pati menjadi Brigadir Jenderal (Brigjen).

“Selain melantik, serah terima, juga melaksanakan Korps Raport kenaikan pangkat untuk beberapa golongan pangkat,” ungkap Kadiv Humas Polri.

“Saya sebutkan saja ya, untuk pati Polri ada 15. Kemudian, rinciannya satu Komjen ini Pak Dankorbrimob, kemudian dua Irjen atau pati bintang dua, kemudian 8 Brigjen,” sambungnya.

Dedi juga menyebutkan, untuk kenaikan pangkat Komisaris Besar Polisi (Kombes) tercatat ada 110 pati. Sedangkan untuk Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP) ada 443 dan Kompol ada 303.

“Untuk kombes ini seluruh Indonesia ini ada 110. Kemudian untuk AKBP ada 443, untuk Kompol ada 303. Kemudian Ajun Komisaris Polisi (AKP) ada 205, Inspektur Polisi Satu (Iptu) 572, kemudian Inspektur Polisi Dua (Ipda) ada 59,” pungkasnya.

Berita: Gate 13 | Foto: Ist./Div Humas Polri

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.