Kapolda Bali Terima Kunjungan Dirjen Hubdat Kemenhub

Denpasar |
Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Bali Irjen Pol Putu Jayan Danu Putra menerima kunjungan Direktur Jenderal Perhubungan Darat (Dirjen Hubdat) Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Irjen Pol Hendro Sugianto beserta tim, di Mapolda Bali, Denpasar, Bali, Jumat (29/7).

Saat menerima kunjungan, Kapolda Bali didampingi oleh Karoops Polda Bali, Dirlantas Polda Bali, dan Dirpolair Polda Bali.

Kedatangan Dirjen Hubdat Kemenhub Irjen Pol Hendro Sugianto ke Mapolda Bali dalam rangka berkoordinasi dengan Polda Bali menjelang diselenggarakannya Presidensi G20 pada November 2022 mendatang.

Kapolda Bali pada kesempatan tersebut mengatakan bahwa dalam rangka pengamanan G20 pihaknya akan melaksanakan operasi kepolisian dengan sandi operasi ’Puri Agung 2022’.

Dijelaskannya, operasi tersebut akan mengamankan sebanyak tujuh objek, mulai dari Bandara I Gusti Ngurah Rai, Rute Perjalanan, Kawasan Sawangan, Hutan Raya Mangrove, Simpang siligita, hingga Kura-Kura Island.

“Perlu diketahui juga terkait dengan lalu lintas. Ada sebanyak 8 persimpangan yang perlu direkayasa, ada 11 beat pengamanan dan diperlukan bantuan dari Dinas Perhubungan Darat,” ujar Irjen Pol Putu Jayan Danu Putra.

Terkait kendaraan listrik, sambungnya, nanti ada 4 bus listrik yang kemungkinan bisa dikolaborasikan dengan motor. ”Mungkin nanti untuk pengamanan patroli mungkin nanti bisa digunakan kendaraan listrik,” jelas Putu Jayan.

Kapolda Bali menambahkan, untuk pintu masuk Bali seperti Pelabuhan Gilimanuk, Padang Bai, Celukan Bawang, Benoa dan di terminal Mengwi, Polda Bali membutuhkan bantuan untuk pengamanan dan pemeriksaan terhadap orang-orang yang masuk maupun keluar Pulau Bali.

“Selain membutuhkan bantuan untuk pengamanan dan pemeriksaan terhadap orang-orang yang masuk maupun keluar Bali, kami berharap di 91 Command Center ITDC agar personil dari Dishub juga ada disana untuk bersama-sama memonitor pergerakan pada saat Presidensi G20,” pungkasnya.

Menanggapi hal tersebut Dirjen Hubdat Kemenhub Irjen Pol Hendro Sugianto mengatakan, bahwa pihaknya siap membantu Polda Bali untuk mensukseskan penyelenggaraan Presidensi G20.

“Untuk yang berkaitan dengan transportasi pada Presidensi G20, kami menyiapkan 30 bis listrik yang akan disiapkan dari Bandara I Gusti Ngurah Rai ke Nusa Dua untuk mensukseskan pelaksanaan G20,” ujarnya.

Dikatakan oleh Irjen Pol Hendro Sugianto bahwa pihaknya akan memberikan dukungan penuh agar pelaksanaan G20 nantinya dapat berjalan dengan lancar dan kedepannya dukungan tersebut akan ditingkatkan.

“Apa yang mampu kami support untuk pelaksanaan G20 akan kami bantu. Nanti pada bulan september kita tingkatkan lagi,” pungkasnya.

Berita: Gate 13 | Foto: Istimewa

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.