Ibu Ani Yudhoyono Meninggal Dunia di Singapura

Jakarta |
Setelah menjalani perawatan medis beberapa bulan di National University Hospital (NUH) Singapura, istri Presiden RI ke 6 Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), Ani Yudhoyono meninggal dunia pada Sabtu (1/6) pukul 11.50 waktu setempat.

Kabar meninggalnya mantan ibu negara disampaikan politikus Demokrat Andi Arief melalui akun twitternya. “Innalillahi wainnailaihi roji’un, Bu Ani telah meninggal dunia pada 11.50 waktu Singapura,” tulis Andi Arief.

Ani Yudhoyono meninggal karena penyakit kanker darah yang diderita dan telah menjalani pengobatan sejak 2 Februari 2019 di Singapura.

Selama mendapat tindakan medis, Ani Yudhoyono selalu setia didampingi oleh SBY, serta silih berganti anak dan menantunya. Bahkan, almarhumah sempat menerima transplantasi sumsum tulang belakang yang didonorkan oleh sang adik, Pramono Edhie Wibowo.

Selama sakit, segenap dukungan datang dari tokoh-tokoh nasional diantaranya Presiden Joko Widodo (Jokowi), Wapres Jusuf Kalla, Prabowo Subianto, Sandiaga Uno, Sinta Nuriyah, Boediono, Anies Baswedan, hingga mantan presiden Timur Leste Xanana Gusmao.

Meninggal di usia 66 tahun, Ani yang lahir di Yogyakarta merupakan putri dari mantan Panglima Resimen Pasukan Komando Angkatan Darat (RPKAD) Letnan Jenderal Purnawirawan Sarwo Edhie Wibowo dan tercatat pernah menjabat sebagai Wakil Ketua Umum DPP Partai Demokrat.

Presiden Jokowi Sampaikan Belasungkawa

Presiden Jokowi menyampaikan ucapan duka cita dan belasungkawa atas wafatnya Ani Yudhoyono, di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Sabtu (1/6).

Disebutkan oleh Jokowi, bahwa wanita bernama lengkap Kristiani Herrawati itu merupakan seorang tokoh yang senantiasa memberi inspirasi dan teladan sebagai istri dan ibu negara.

“Yang setia mendampingi Bapak Susilo Bambang Yudhoyono semasa menjadi presiden, sebagai ibu dari anak-anaknya, dan sebagai putri seorang prajurit,” ucapnya.

“Selamat jalan Ibu Ani, semoga amal ibadah dan baktimu untuk bangsa ini diterima di sisi Allah SWT. Kepada Bapak SBY dan segenap keluarga besar almarhumah kiranya diberiNya kekuatan dan kesabaran,” tutup Jokowi.

Berita: Sigit | Foto: Istimewa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.