Hari Pariwisata Internasional, Pemprov DKI Jakarta Gelar Walking Tour

Jakarta |
Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta melalui Walikota Jakarta Pusat dan Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Disparekraf) DKI Jakarta mengadakan walking tour dalam rangka memperingati Hari Pariwisata Internasional.

Kegiatan yang mengangkat tema ‘Rethinking Tourism’ ditujukan untuk mendukung pariwisata berkelanjutan di Jakarta. Kegiatan ini dilakukan pada Selasa (27/9) dengan rute perjalanan mengunjungi beberapa destinasi wisata di Jakarta Pusat.

Pada kesempatan tersebut, turut hadir Wali Kota Administrasi Jakarta Pusat Dhany Sukma yang menyambut baik kegiatan ini.

Dhany mengatakan, kegiatan walking tour diharapkan menjadi lebih nyaman karena jalur pedestrian saat ini sudah semakin lebar dan aman. Selain itu, ketersediaan infrastruktur yang baik akan menciptakan pengalaman menyenangkan berwisata di Jakarta.

“Dengan adanya infrastruktur yang baik, seperti trotoar-trotoar yang semakin lebar, signage juga sudah terpasang, wisatawan diharapkan dapat menikmati walking tour ini dengan lebih nyaman dan memiliki pengalaman menyenangkan berwisata di Jakarta,” ujar Dhany di Jakarta, Rabu (28/9).

Foto: Ist.

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Disparekraf) DKI Jakarta Andhika Permata mengatakan, destinasi wisata di Jakarta menawarkan berbagai pengalaman dan produk budaya, arsitektur, teknologi, sosial dan alam yang luas dan heterogen untuk liburan dan bisnis. Oleh karena itu, kegiatan walking tour ini diharapkan dapat

“Kegiatan walking tour disambut positif masyarakat dilihat dari jumlah pendaftar yang membludak hingga jumlah kuota peserta yang langsung habis. Harapannya, melalui kegiatan ini masyarakat bisa menikmati wisata urban tourism Ibu Kota, seperti mengunjungi taman dan gedung pencakar langit di Jakarta,” ujar Andhika.

Lebih lanjut Andhika mengatakan, peserta walking tour adalah masyarakat umum, yang telah mendaftar melalui tautan yang telah disediakan. Penyelenggaraan walking tour ini turut menggandeng Jakarta Good Guide dan komunitas pramuwisata yang sudah berlisensi, sebagai pemandu wisata. 

Di akhir acara, peserta walking tour diajak mengunjungi Museum Nasional untuk melihat pameran Central Jakarta Through Lens 2022; Top 5 Sightseeing in Central Jakarta 2022, dan hiburan menarik lainnya dari penampilan bintang tamu.

Adapun rute yang ditawarkan pada kegiatan walking tour, yaitu Rute 1: Gereja Katedral-Masjid Istiqlal-Ragusa-Mahkamah Agung-Istana Merdeka-Taman Pandang Istana-Mahkamah Konstitusi-Museum Nasional.

Kemudian Rute 2: Balaikota-Jakarta Smart City-Perpustakaan Nasional-Patung Thamrin-Patung Arjuna Wijaya-Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif-Kementrian Pertahanan-Museum Nasional

Sebagai informasi, Walking Tour merupakan kegiatan menikmati Kota Jakarta melalui cara yang berbeda, unik, dan menyenangkan untuk menikmati urban tourism. Jakarta saat ini sedang gencar mempromosikan Urban Tourism.

Menurut Organisasi Pariwisata Dunia atau UNWTO, Urban Tourism adalah salah satu kegiatan pariwisata yang berlangsung di ruang perkotaan yang dicirikan oleh ekonomi berbasis non-pertanian seperti administrasi, manufaktur, perdagangan dan jasa, dengan menjadi titik simpul transportasi.

Berita: Mh | Foto: Ist.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.