Gubernur Anies Baswedan Lepas Kafilah DKI Jakarta Ikuti MTQ Nasional ke 28 di Padang

Jakarta |
Gubernur Provinsi DKI Jakarta Anies Baswedan, Kamis pagi (12/11), melepas keberangkatan Kafilah Provinsi DKI Jakarta yang akan mengikuti Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Nasional ke 28, di Balai Kota Jakarta, Kamis (12/11) pagi.

Kafilah tersebut akan mengikuti pelaksaan MTQ Nasional ke 29 yang berlangsung pada tanggal 12 hingga 21 November 2020 di Padang, Sumatera Barat.

Dalam sambutannya, Gubernur Anies berpesan agar seluruh peserta, pelatih, dan pendamping fokus untuk mempertahankan juara umum.

“Alhamdulillah dalam suasana pandemi ini, kita diberikan nikmat kesehatan bisa bersama-sama bersiap untuk memasuki laga kompetisi MTQ yang nantinya insya Allah akan mempertahankan posisi DKI Jakarta. Jadi, para pelatih dan para peserta,” ucapnya.

Anies mengingatkan, bahwa kafilah lain berangkat untuk meraih, kalau Jakarta berangkat untuk mempertahankan. Jadi, tujuan berangkatnya berbeda. “Karena, kita posisinya adalah juara umum, Insya Allah tahun ini kembali menjadi juara umum,” ungkap Gubernur Anies.

Disebutkan oleh Gubernur Anies, seluruh ikhtiar persiapan dalam menghadapi kompetisi MTQ telah dilakukan dengan baik dan saat ini mencapai ujungnya. Karena itu dirinya menekankan pada seluruh peserta untuk lebih memperhatikan aspek kesehatan, khususnya asupan makanan-minuman, waktu istirahat, dan tetap berolahraga ringan.

“Kita berangkat ke sana sebagai satu Kafilah untuk mempertahankan. Karena itu, pesan saya kepada semua fokus dalam kegiatan MTQ. Kalau yang baru pertama kali, kita punya kecenderungan ingin tahu. Itu kegiatan mencari tahu Padang, selesaikan setelah beres MTQ-nya. Kita fokus di sini. Karena kita datang ke tempat baru,” katanya.

Menurut Anies Minangkabau itu indah, dan dari keindahan itu muncul begitu banyak pujangga dari tempat itu. Saya ingin menggarisbawahi, betul-betul fokus. “Datang, pastikan sehat, pastikan pikiran fokus. Dan pada saat nanti pelaksanaan, benar-benar perhatikan seluruh aspek,” pesannya.

Gubernur DKI Jakarta itu tak lupamengingatkan para perwakilan Provinsi DKI Jakarta agar berniat harus lurus untuk melakukan yang terbaik dan diiringi dengan doa dari orang tua seluruh Kafilah, serta menjaga nama baik DKI Jakarta.

Ia juga menekankan agar seluruh Kafilah menjaga protokol kesehatan sepanjang perjalanan dan sepanjang kegiatan MTQ. Diharapkan juga oleh Anies agar saat keberangkatan peserta dalam keadaan sehat dan kepulangan untuk kembali ke Jakarta juga dalam keadaan sehat sekaligus membawa status juara umum kembali.

“Dengan mengucap Bismillahirrahmanirrahim, pada hari ini, Kamis, 12 November 2020, Kafilah Provinsi DKI Jakarta pada MTQ tingkat Nasional ke-28 tahun 2020 secara resmi dinyatakan diberangkatkan. Insya Allah perjalanan ini menjadi perjalanan yang secara fisik menyenangkan, secara fisik nyaman, dan menjadi perjalanan yang mendapatkan keberkahan dari Allah,” tutup Gubernur Anies.

Pada MTQ Nasional ke 28 kali ini terdapat sejumlah cabang yang dilombakan, di antaranya Tartil, Tilawah, Tahfizh, Fahmil Quran, Sahril Quran, Qiraat, Tafsir, dan penulisan Kaligrafi.

Adapun jumlah Kafilah Provinsi DKI Jakarta yang diberangkatkan sebanyak 92 orang, terdiri dari 54 orang peserta, dengan pendamping peserta canet (cacat netral) sejumlah 2 orang, pelatih pendamping sebanyak 10 orang, dan official 23 orang, serta pengarah pembina pengawas sejumlah 3 orang.

Berita: Red/Mh | Foto: Istimewa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: