Forum LMK Kota Jakarta Timur Periode 2017-2020 Terbentuk

Jakarta |
Anggota LMK (Lembaga Musyawarah Kelurahan) se Kota Administrasi Jakarta Timur, bersama Ketua Dewan Kota Syariffudin SH, menggelar rapat pembentukan Forum LMK Kota Administrasi Jakarta Timur untuk periode 2017-2020.

Rapat yang dilaksanakan pada 3 Desember yang lalu, dihadiri anggota LMK 8 kecamatan dari 10 kecamatan yang ada di wilayah Jakarta Timur.

Ketua LMK Forum Kecamatan Duren Sawit, Drs H Tatang Isya Iskandar mengungkapkan hal itu, Sabtu (16/12).

Menurut Tatang Isya Iskandar, selanjutnya rapat  juga menyepakati untuk memilih Ketua, Wakil Ketua dan Sekretaris LMK Forum Kota Jakarta Timur.

Hasilnya sebagai Ketuanya Drs H Tatang Isya Iskandar,SH dari Duren Sawit, Wakil Ketua Ny Dwi Hartanti SSos (Ketua LMK Forum Kecamatan Cipayung), Sekretaris Soapta AS (Ketua LMK Forum Kecamatan Pulogadung).

Sebelumnya dari para Ketua LMK Kelurahan se Kecamatan Duren Sawit juga telah membentuk pengurus LMK Forum Kecamatan Duren Sawit dari 7 kelurahan.

Hasil pembentukan itu menunjuk Tatang Isya Iskandar selaku Ketua LMK Pondok Kopi, terpilih sebagai Ketua LMK Kecamatan Duren Sawit. Sedangkan Wakil Ketua terpilih Utomo (Ketua LMK Pondok Bambu), dengan Sekretaris Nurhasan (Ketua LMK Klender).

Menurut Tatang Iskandar Forum Kecamatan ini pun telah mengadakan pertemuan membahas tentang bagaimana membangun kebersamaan antar LMK dalam menyerap aspirasi, menggerakan partisipasi serta meningkatkan pemberdayaan masyarakat.

“Ini dimaksudkan untuk membangun lingkungan RW di wilayah Kecamatan Duren Sawit,” ujar Tatang. Dengan terbentuknya LMK Forum Kota Jakarta Timur, sambung Tatang, diharapkan kebersamaan antar LMK akan terjalin dalam lingkup yang lebih luas lagi.

Kepala Sudin Kominfotik Jakarta Timur Yuliarto, Sabtu (16/12) mengakui peran LMK menjembatani aspirasi warga dan membantu lurah dalam pemecahan masalah warga masing masing RW.

“Jumlah anggota LMK se Jakarta Timur sesuai dengan jumlah RW nya, yaitu 705 dari  65 kelurahan yang ada,” ujar Yuliarto.

Secara lengkap Yuliarto menjelaskan, jumlah penduduk Jakarta Timur saat ini 2,9 juta lebih atau tepatnya 2.944.493 jiwa.

“Jumlah tersebut tersebar di seluruh wilayah seluas 187,73 km2, yang terbagi dalam 10 kecamatan, 65 kelurahan, 705 RW atau rukun warga dan 7.894 RT atau rukun tetangga,” pungkas Yuliarto.

Berita: Pri | Foto: Istimewa/Ilustrasi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.