Direnovasi, Museum Jakarta Tidak Beroperasi 4 hari

Jakarta |
Museum Sejarah Jakarta (MSJ) di Jl Taman Fatahillah No 1, Kawasan Kota Tua, Jakarta Barat, akan ditutup sementara mulai Selasa (12/12) sampai dengan Jumat (15/12).

Penutupan itu sehubungan dengan pelaksanaan renovasi tata pamer tetap museum tersebut agar kebih nyaman bagi pengunjung.

Kepala Unit Pengelola Museum Kesejarahan Jakarta (UP MKJ) Sri Kusumawati mengatakan hal itu Jumat (8/12). “Setelah renovasi selesai, Museum Sejarah Jakarta segera dibuka kembali untuk umum mulai Sabtu tanggal 16 Desember,” ujar Sri.

Dijelaskannya, penutupan ini bertujuan untuk memaksimalkan tahap akhir pekerjaan renovasi tata pamer tetap Museum Sejarah Jakarta. Sebab pekerjaan tersebut selama ini diselenggarakan secara bertahap, dan saat ini memasuki tahap finishing.

Sebelumnya pengelola MSJ melakukan sistem buka tutup untuk ruangan-ruangan yang sedang direnovasi. “Dengan demikian museum ini masih dapat melayani pengunjung,” kata Sri.

Namun untuk tahap akhir ini, lanjut Sri, MSJ harus ditutup total selama 4 hari. Karena ada pekerjaan finishing yang dilakukan serentak di sebagian besar ruang tata pamer tetap MSJ.

Sri berharap dengan adanya tata pamer tetap yang baru, Museum Sejarah Jakarta dapat menampilkan informasi tentang sejarah kota Jakarta secara lebih komprehensif dengan tampilan yang lebih menarik. Dengan demikian MSJ dapat meningkatkan kualitas pelayanan terhadap pengunjungnya.

“Sehubungan dengan itu masyarakat yang memiliki rencana kunjungan ke Museum Sejarah Jakarta, dapat memaklumi kondisi ini dan menjadwalkan kembali kunjungannya,” kata Kepala Unit Pengelola MKJ itu.

Mengenai jumlah pengunjung MSJ, Sri Kusumawati menuturkan, selama tahun 2016 mencapai 726.881 orang, termasuk 6 452 orang wisatawan mancanegara (wisman). Sedang tahun 2017 ini sampai akhir November pangunjungnya mencapai 714.055 orang, termasuk 16.777 orang wisman.

“Bila diambil rata rata tahun 2016 pengunjung MSJ ada 2.330 orang per hari, termasuk wisman 21 orang per hari. Tahun 2017 pengunjungnya meningkat menjadi rata rata 2.496 orang per hari, termasuk wisman 58 orang per hari,” paparnya.

Namun diingatkan untuk hari Sabtu dan Minggu maupun hari libur, pengunjung MSJ mencapai 2 sampai 3 kali lipat dari hari-hari biasa.

Berita: Pri | Foto: Istimewa/Pri

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.