Calon Taruna Poltekim dan Poltekip Jalani Masa Pembinaan

Cinere |
Sebanyak 499 Calon Taruna Politeknik Imigrasi (Poltekim) dan Politeknik Pemasyarakatan (Poltekip) berkumpul untuk mengikuti pembukaan masa pembinaan di Aula Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham), Gandul, Cinere, Jakarta Selatan, Senin (18/9/2017).

Tampak para orang tua calon taruna tersebut ikut mengantarkan putra-putri mereka, yang akan dititipkan di Kampus Pengayoman guna melaksanakan pendidikan menjadi taruna tahap berikutnya.

Pembinaan ini merupakan kelanjutan dari serah terima Calon Taruna Poltekim dan Poltekip yang telah dilaksanakan tanggal 24 Agustus 2017 lalu.

Antusias masyarakat yang mendaftar untuk mejadi taruna di Kementerian Hukum dan HAM tahun 2017 cukup besar. Hal ini dapat dilihat dari meningkatnya jumlah pendaftar dan yang lulus sampai tahap pembinaan yang mencapai dua kali lipat dari tahun sebelumnya.

Setelah melalui proses seleksi yang cukup panjang, pada tahap ini para calon taruna akan mengikuti masa pembinaan awal selama dua bulan, dimana calon taruna akan menjalani masa pembinaan awal. Para calon taruna ini akan mendapat pembekalan dasar-dasar kemiliteran, guna membentuk pondasi atau dasar mental dan fisik yang tangguh dan terampil.

Diawali dengan upacara dan dilakukan penyematan kepada perwakilan calon taruna sebagai tanda dimulainya masa pembinaan calon taruna Poltekim angkatan XX (20) dan calon taruna poltekip angkatan LII (52).

Para calon taruna terlihat sudah mempersiapkan diri, mereka sudah mempersiapkan peralatan untuk kebutuhan sehari-hari selama mengikuti pendidikan.

Sementara itu Kepala BPSDM Dr Mardjoeki menyampaikan, sasaran yang ingin dicapai dalam masa pembinaan awal ini adalah untuk melatih calon taruna untuk bersikap berani dan berjiwa ksatria, berani mengakui kesalahan apabila salah dan kebenaran apabila benar, serta menumbuhkan rasa tanggung jawab.

“Ini merupakan awal dari proses yang cukup panjang yang dilalui oleh seorang taruna, tidak ada kesuksesan yang didapat secara mudah dan instant. Terus bersemangat dalam mengikuti kegiatan ini, jangan mudah putus asa dan jangan mudah untuk menyerah,” tambah Mantan Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kemenkumahm DKI Jakarta.

Direktur Poltekim Pramella Y Pasaribu mengatakan bahwa sesuai dengan Intruksi Presiden Republik Indonesia bahwa seluruh perguruan tinggi yang ada di Indonesia untuk melaksanakan kegiatan bela negara.

“Untuk itu Kemenkumham menggandeng Kementerian Pertahanan (Kemenhan) sebagai mitra dalam mendidik dan membangun kembali rasa nasionalisme dengan pelaksanaan bela negara,” pungkas Pramela.

Berita: Mh | Foto: Istimewa/Humas

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: