Bhakti Sosial TNI Bentuk Peduli Kesehatan Masyarakat

Jakarta |
Dalam rangka memperingati HUT Ke 72 Tentara Nasional Indonesia (TNI) Tahun 2017, TNI kembali menggelar Bhakti Sosial di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Banten, Kota Serang, Banten, Rabu (6/9).

Bhakti Sosial dalam bentuk Operasi Katarak yang dilaksanakan sejak tanggal 6 hingga 11 September 2017, merupakan kerja sama antara TNI dengan organisasi Wali Umat Buddha Indonesia (Walubi) Sumatera Utara dan Tim Medis RSUD Banten serta Anews Vision.

Asisten Teritorial (Aster) Panglima TNI Mayjen TNI Wiyarto SSos mengatakan, bhakti sosial TNI sebagai bentuk kepedulian TNI dalam membangun dan meningkatkan kesehatan masyarakat Indonesia.

“Bhakti Sosial ini bertujuan untuk membantu meningkatkan kesehatan masyarakat, khususnya kesehatan mata,” ujar Mayjen TNI Wiyarto saat membuka secara resmi Bhakti Sosial Operasi Katarak.

Bhakti Sosial TNI yang dilaksanakan kali ini, sambung Aster Panglima TNI, menargetkan 1.800 mata yang akan menjalani Operasi Katarak dari 4 (empat) Kodim yang berada di wilayah Korem 064/MY. “Diantaranya Kodim 0601 Pandeglang, Kodim 0602 Serang, Kodim 0603 Lebak dan Kodim 0623 Cilegon,” kata Mayjen TNI Wiyarto.

Sementara itu didepan awak media Mayjen TNI Wiyarto mengatakan bahwa Bhakti Sosial Operasi Katarak kali ini dikhususkan bagi masyarakat di wilayah Banten yang ada di pelosok-pelosok dengan difasilitasi oleh para Babinsa dan Babinkamtibmas serta Babinpotmar bagi masyarakat yang berada di wilayah pesisir.

“Kegiatan Bhakti Sosial ini selain bekerja sama dengan Walubi dan Tim Medis RSUD Banten juga bekerja sama dengan rekan-rekan penggerak sosial untuk Bhakti NKRI diantaranya INTI, Artha Graha, Budha Suci dan Marga Kwang,” ungkapnya.

Aster Panglima TNI juga menyampaikan bahwa pada tanggal 22 sampai dengan 24 September 2017 akan melaksanakan Bhakti Sosial ke pulau-pulau di wilayah Banten dengan menggelar pengobatan umum, sunatan massal, pengobatan gigi, pemberian alat pendengar, kursi roda dan sebagainya, dengan menggunakan KRI dr. Soeharso.

“Puncaknya nanti pada 2 tanggal 28 September 2017 yang akan dihadiri Ibu Negara Iriana Joko Widodo, seluruh pengobatan masyarakat ada di Dermaga Indah Kiat Cilegon,” sebutnya.

“Saya harapkan agar masyarakat yang menderita sakit bisa kita tolong dan kepada para awak media bisa berpartisipasi dalam menyampaikan informasi kepada masyarakat yang belum mengetahui adanya Bhakti Sosial ini,” pungkas Mayjen TNI Wiyarto.

Berita: Sigit | Foto: Istimewa/Puspen TNI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.