Bertahan 16 kali, DKI Jakarta Juara Umum Pomnas XVI

Jakarta |
Provinsi DKI Jakarta kembali mempertahankan juara untuk ke 16 pada ajang Pekan Olahraga Mahasiswa Nasional (Pomnas) XVI yang diselenggarakan di Jakarta pada 19-26 September 2019.

Sebanyak 76 medali emas, 53 perak, dan 33 perunggu, berhasil didulang oleh para atlet asal Ibu Kota Negara, sehingga kembali meraih Juara Umum.

Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menristekditi) Mohamad Nasir menyatakan takjud dengan prestasi yang dicapai oleh DKI Jakarta, serta mengapresiasi pelaksanaan Pomnas di DKI Jakarta yang berjalan dengan baik.

Menurutnya, DKI Jakarta yang sejak dulu selalu juara diajang tersebut, merupakan gudangnya atlet dan para olahragawan. “Oleh karena itu, pertahankan terus supaya bisa menjadi atlet profesional ke depannya baik tingkat nasional maupun internasional,” ujarnya, usai menutup Pomnas XVI di Padepokan Pencak Silat, TMII, Jakarta Timur, Kamis (26/9).

Diakui oleh Nasir, bahwa dirinya sangat senang sekali dan meminta prestasi tersebut untuk terus dipelihara dan dipertahankan. “Supaya Pomnas betul-betul bisa menghasilkan bibit atau atlet yang profesional di masa depan,” ucapnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga DKI Jakarta Achmad Firdaus, meminta para atlet agar tidak mudah berpuas diri meski Jakarta selalu menjadi Juara Umum sejak awal pelaksanaan Pomnas.

“Prestasi ini perlu dipertahankan dan dipersiapkan lebih matang sejak dini untuk menghadapi Pomnas XVII di Sumatera Barat pada 2021 mendatang,” tutur Achmad, dikutip beritajakarta.id.

Firdaus menyambut baik dan merasa puas denhan Tri Sukses yang dicanangkan untuk Pomnas XVI di Jakarta ini terwujud dengan raihan prestasi dan suksesnya penyelenggaraan.

“Sukses penyelenggaran alhamdulillah sudah selesai. Sukses prestasi kita raih Juara Umum, dan sukses dalam pengadministrasian. Tentu akan kami evaluasi Pomnas ini untuk peningkatan ke depan,” ucapnya.

Ia menambahkan, berkaitan dengan regenerasi atlet DKI Jakarta terus dilakukan persiapan dengan baik. Sehingga, secara periodik atlet-atlet asal DKI Jakarta memiliki kualitas yang baik.

“Pembinaan itu kita lakukan melalui PPOPB, PPOP, dan PPLM. Targetnya, kita juga bisa menjadi Juara Umum Pomnas XVII,” pungkas Achmad Firdaus.

Untuk diketahui, dalam Pomnas XVI Juara 2 berhasil diraih Jawa Barat dengan perolehan sebanyak 81 medali, dengan rincian 24 emas, 20 perak, dan 37 perunggu. Sedangkan, di posisi tiga diraih Jawa Tengah dengan perolehan sebanyak 73 medali meliputi, 22 emas, 17 perak, dan 34 perunggu.

Pomnas XVI ini diikuti sebanyak 6.441 atlet dari lebih 500 perguruan tinggi yang ada di 34 provinsi. Terdapat 19 cabang olahraga yang dipertandingkan dalam ajang pesta olahraga antar mahasiswa se-Indonesia dua tahunan ini.

Berita: Mh | Foto: Istimewa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: