Bahas Seputar Kesehatan, Kadiskominfo Kota Depok Bersama Relawan Info Depok Gelar Audiensi dan Silahturahmi

Depok |
Relawan Kami Peduli yang tergabung dalam komunitas sekaligus media berbasis medsos Info Depok menyambangi kantor Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Depok, di Gedung Baleka Wali Kota Depok, Jalan Margonda Raya, Depok, Jawa Barat, Senin (29/12).

Kunjungan Adi Suman dan kawan-kawan hari itu dalam rangka memenuhi undangan dan silahturahmi dari Kepala Dinas Informasi dan Komunikasi Kota Depok (Kadis Kominfo) Sidik Mulyono.

Pada kesempatan itu Kadis Kominfo Sidik Mulyono mengatakan bahwa dirinya sedang mencoba mengakomodir niat baik beberapa komunitas relawan kesehatan di Kota Depok yang ingin berkontribusi atau memberikan sumbangsihnya bagi warga Kota Depok yang membutuhkan bantuan kesehatan.

“Pemerintah Kota (Pemkot) Depok yang biasanya berfungsi sebagai fasilitator, untuk hal ini bisa berfungsi sebagai mediator. Artinya membantu mempertemukan sebuah komunitas masyarakat yang ingin membantu masyarakat lainnya,” kata Sidik pada awak media di Depok, Jawa Barat, Senin (29/12).

Disebutkan oleh Sidik Mulyono, beberapa waktu lalu dirinya sempat mempertemukan Komunitas Rumah Sehat 165 di Kota Depok untuk membantu salah satu anak yang terkena penyakit hidrosefalus, yaitu penyakit yang mengakibatkan ukuran kepala membesar secara tidak wajar.

Alhasil, sambungnya, atas upaya dan bantuan dari Komunitas Rumah Sehat 165 penyakit hidrosefalus yang diderita si anak tersebut pun dapat teratasi dan saat ini sedang menjalani masa terapi.

“Belajar dari pengalaman itu, saya mencoba memberikan dukungan-dukungan dengan cara menjembatani dan menyalurkan informasi bagi masyarakat yang membutuhkan pengobatan, yang kemudian ditindaklanjuti oleh masyarakat lain yang ingin mengulurkan bantuan,” tuturnya.

Namun di satu sisi, lanjut Sidik, pihak Pemkot Depok tetap memberikan upaya terbaik bagi warganya dengan membuat atau menyediakan fasilitas aplikasi Depok Single Window (DSW) yang bisa diunduh dengan telepon pintar atau smartphone.

Dijelaskan oleh Kadis Kominfo itu, melalui aplikasi DSW masyarakat Kota Depok juga dapat lebih mudah untuk melakukan pendaftaran layanan kesehatan di puskesmas-puskesmas, hingga mendapatkan update terbaru mengenai berbagai hal seputar Depok, seperti waktu solat, cuaca, atau lalu lintas.

“Kelebihan DSW hanya dengan satu aplikasi saja, bisa menjadi salah satu media bagi masyarakat Kota Depok untuk memudahkan layanan informasi yang dapat diakses melalui ponsel pintar,” pungkasnya.

Sementara itu, Sekretaris Jenderal (Sekjen) Info Depok Adi Suman mengatakan bahwa audiensi kali ini dengan Pemkot Depok yang diwakili Kadiskominfo Kota Depok Sidik Mulyono sangat memberikan pencerahan dalam dunia kerelawanan yang memang mereka geluti.

“Banyak sebenarnya program-program yang bisa kita sampaikan dan kita bisa sosialisasikan-publikasikan ke masyarakat kota Depok untuk mengakomodir permasalahan-permasalan yang ada. Terlebih mengenai masalah kesejahteraan sosial, kesehatan, pendidikan, serta pelayanan publik,” ucapnya.

Disebutkan oleh Adi, pihaknya sangat berterima kasih atas adanya undangan audiensi dari Kadiskominfo Kota Depok Sidik Mulyono. Menurutnya pertemuan hari itu membuka silahturahmi dan membuka cara berpikir bagaimana membangun kota Depok lebih baik lagi.

Ke depannya, sambungnya, Media Info Depok dan Relawan Kami Peduli berharap agar aplikasi DSW dapat disosialisasikan supaya lebih efektif berlaku di masyarakat juga sebagai ujung tombak informasi dan pengaduan-pengaduan serta permasalahan-permasalahan yang ada di masyarakat.

“Karena aplikasi DSW ini sangat berpotensi meringankan kerja-kerja yang dilakukan oleh pihak pemkot maupun para relawan dan kader-kader kesehatan yang ada di kota Depok,” pungkas Adi Suman.

Berita: Mh | Foto: Istimewa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: