Apel Bersama Deklarasi Damai Pemilu Tahun 2019 Digelar di Jaktim

Jakarta |
Polres Metro Jakarta Timur melaksanakan kegiatan Apel Bersama Deklarasi Damai dalam rangka Pemilihan Umum Tahun 2019 berlangsung aman dan kondunsif.

Kegiatan apel bersama dilaksanakan di lapangan Museum Purna Bakti Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta Timur, Sabtu (29/9).

Pada kesempatan itu, Kapolres Metro Jakarta Timur Kombes Pol Y Toni Suryaputra menyampaikan, bahwa pada pagi itu Komisi Pemilihan Umum (KPU), Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu), Forum Koordinasi Pimpinan Kota (Forkompimko), serta seluruh 16 parpol yang ada diwilayah Jakarta Timur melakukan deklarasi damai.

“Seluruh parpol mengucapkan deklarasi damai dan berkomitmen untuk menciptakan situasi aman dan damai selama pemilu 2019, sehingga pelaksanaan Pemilu 2019 bisa berjalan lancar dan kondusif,” ujar Kapolres Kombes Pol Y Toni Suryaputra.

Usai apel, Kapolres pun mengajak peserta apel melakukan simulasi pengamanan TPS disaksikan anggota parpol yang hadir pada hari itu.

“Untuk mengedukasi bagaimana cara pengamanan di TPS  ketika ada gangguan atau peristiwa saat pemungutan suara berlangsung,” pungkas Kombes Pol Y Toni Suryaputra.

Sementara itu, Wali Kota Jakarta Timur M Anwar yang turut menghadiri apel, mengatakan Deklarasi Damai 2019 bertujuan menyamakan visi dan misi kita untuk mengamankan jalannya pesta demokrasi.

“Sekaligus menciptakan sinergitas bersama-sama dalam menjaga jalannya pemilu 2019 yang aman dan kondusif diwilayah Jakarta Timur, dengan harapan tidak ada pelanggaran kamtibmas,” tutur Anwar.

Disebutkan oleh Wali Kota Anwar, bahwa dirinya telah mengingatkan seluruh petugas keamanan yang bertugas dilapangan untuk melakukan tugasnya secara profesional.

“Terkadang dikarenakan terlalu bersemangat para staf melakukan tugas yang bukan tugasnya, sebagai contoh  mencabut alat peraga kampanye,” katanya.

Pekerjaan itu, sambung Anwar, seharusnya dibawah kendali Bawaslu. Jangan sampai dari hal kecil bisa menimbulkan masalah, jadi wajib berkoordinasi sebelum melakukan tindakan,” tegasnya.

Dirinya juga berharap menjelang pemilu tahun 2019, semua bisa bersinergi dan kompak. Kita butuh profesionalisme agar pesta demokrasi di Jakarta Timur berjalan aman, lancar dan kondusif,” imbuhnya.

Selain Kapolres Metro Jakarta Timur Kombes Pol Y Toni Suryaputra dan Wali Kota Jakarta Timur M Anwar, apel bersama juga dihadiri oleh Dandim 0595 JT Letkol Inf Dwi Yanu Luthfi Saleh, Ketua Bawaslu Jakarta Timur Sahroji, Ketua KPUD Jakarta Timur Wage Wardhana, serta 2000 Personil dari unsur Polri, TNI, Satpol PP, FKDM, KPUD.

Berita: Mh | Foto: Istimewa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.