Anugerah Media Humas 2022: Pemprov DKI Jakarta Kembali Sabet Juara Umum

Jakarta |
Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta untuk kedua kalinya berhasil menyabet penghargaan Juara Umum dan memenangkan lima kategori Anugerah Media Humas 2022 acara yang diinisiasi oleh Badan Koordinasi Hubungan Masyarakat (Bakohumas) Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo).

Pada penganugerahan ini dilaksanakan di Marriot Yogyakarta Hotel DI Yogyakarta, Jumat (24/11) malam, terdapat enam kategori yang dilombakan, yakni Kampanye Komunikasi Publik, Siaran Pers, Media Sosial, Media Internal, Website, dan Audio Visual.

Tahun ini, Pemprov DKI Jakarta melalui Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik (Diskominfotik) Provinsi DKI Jakarta berhasil mendapatkan Terbaik 1 untuk kategori Kampanye Komunikasi Publik, Terbaik 2 untuk kategori Media Sosial, Terbaik 1 untuk kategori Media Internal, Terbaik 1 untuk kategori Website, Terbaik 1 untuk kategori Audio Visual, dan Juara Umum atas raihan kemenangan kategori-kategori tersebut.

Kepala Bidang (Kabid) Komunikasi Publik Diskominfotik DKI Jakarta Nuruning Septarida mengungkapkan rasa syukur dan apresiasi kepada jajaran humas Pemprov DKI Jakarta. Penghargaan ini menjadi pemacu semangat untuk bekerja memberikan layanan informasi yang lebih optimal kepada masyarakat.

“Alhamdulillah, Pemprov DKI Jakarta bisa mempertahankan posisi Juara Umum di ajang kehumasan yang bergengsi ini. Kami akan berupaya terus memberikan kemudahan akses informasi dan tentunya informasi yang bermanfaat kepada publik melalui kanal-kanal yang kami miliki di media sosial dan website. Kami juga akan melanjutkan sinergi dengan rekan-rekan pers agar informasi itu dapat tersampaikan di banyak kanal,” tuturnya di Yogyakarta, pada Sabtu pagi (25/11).

Menurut Nuruning, selain menyampaikan informasi, kami juga akan terus berupaya untuk dapat mendengar dan melayani aspirasi publik.

”Penghargaan ini menjadi semangat bagi kami untuk memberikan pelayanan informasi dan komunikasi yang lebih baik di masa mendatang,” imbuhnya.

Sementara itu Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G Plate menyampaikan, bahwa di era digital saat ini besar potensi tersebarnya kabar atau informasi palsu (hoaks).

Untuk itu Johnny menggarisbawahi, bahwa peran humas pemerintah menjadi krusial dalam menyampaikan informasi kepada masyarakat.

“Government Public Relation (GPR) memiliki peran yang sentral dalam diseminasi informasi di masyarakat. Peran utama GPR yaitu sebagai jembatan komunikasi program kerja pemerintah kepada masyarakat. Selamat kepada para nominee dan penerima penghargaan,” tuturnya.

Di masa yang akan datang, sambung Johnny, pihaknya mengajak untuk terus tingkatkan kapabilitas dan pemanfaatan teknologi serta media baru (the new media) guna menjawab tantangan kehumasan di era digital.

”Demi mewujudkan Indonesia terkoneksi, makin digital, makin maju,” tutur Menkominfo Johnny, sesaat sebelum memberikan penghargaan Juara Umum kepada Pemprov DKI Jakarta.

Setiap kategori dalam ajang ini dinilai oleh juri yang ahli di bidangnya, yaitu Kepala LPPSP FISIP UI Ummi Salamah selaku juri Kampanye Komunikasi Publik, Pemimpin Redaksi Kompas.com Wisnu Nugroho selaku juri Siaran Pers (Media Online), Praktisi Media Sosial Wicaksono ‘Ndoro Kakung’ selaku juri Media Sosial, Kepala Pemberitaan Tempo Budi Setyarso selaku Juri Penerbitan Media Internal, Pemimpin Redaksi CNN Indonesia Titin Rosmari selaku Juri Media Audiovisual, dan Pemimpin Redaksi Kumparan Arifin Asydhad selaku juri Website.

Berita: Mh | Foto: Ist.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.