Antisipasi Kriminal, Petugas Siap Amankan Rumah dan Kendaraan Warga yang Mudik

Jakarta |
Tingkat kriminalitas menjelang Lebaran seperti sekarang ini cenderung meningkat. Karena itu warga yang akan pulang mudik agar menitipkan rumahnya kepada tetangga dekat atau ke bagian keamanan setempat.

Demikian ditandaskan Camat Mampang Prapatan H Nasrudin Abu Bakar sebagai pembina Apel Kesiapan Pengamanan Hari Raya Idul Fitri 1440 Hijriah/2019 Masehi, di halaman Kantor Kecamatan Mampang Prapatan, Jakarta Selatan, Rabu (29/5).

Apel tersebut diikuti 200 orang petugas gabungan se Kecamatan Prapatan. Hadir mendampingi Camat antara lain Kapolsek Metro Mampang Prapatan Kompol Try Haryadi, Danramil Mampang Prapatan Mayor Slamet, para Lurah se kecamatan Mampang Prapatan serta perwakilan RW, LMK dan FKDM.

“Kami berharap keamanan kamtibmas dan kebersihan wilayah Mampang Prapatan tetap terjaga dan kondusif  selama libur Hari Raya Idul Fitri ini. Untuk itu perlu sinergitas yang baik  dari semua elemen masyarakat, Satgas dan juga tiga pilar,” kata Camat Nasrudin.

Diharapkan pula petugas PPSU, Satgas Kebersihan, Bina Marga, Petugas Damkar, Satpol PP dan jajaran Dinas Perhubungan selalu siap mengantisipasi keadaan. “Mampang Prapatan harus tetap kinclong,” tandas Nasrudin.

Sementara Kapolsek Metro Mampang Prapatan, Kompol Try Haryadi menjelaskan pada saat libur Hari Raya angka kriminalitas cenderung naik.

“Seperti pencurian kendaraan bermotor, pencurian rumah kosong serta kejahatan lainnya. Namun  Polsek bersama Koramil siap memberikan rasa aman kepada masyarakat,” ujar Try Haryadi.

Ketika diminta keterangan masalah penitipan mobil dan motor warga yang akan mudik Lebaran, Camat Nasrudin Kamis (30/5) mengatakan pihak Kecamatan siap menampung.

“Di kantor Kecamatan Mampang Prapatan halamannya cukup luas. Silakan titip di sana. Nanti ada petugas yang piket jaga,” tegasnya.

Diingatkan lagi bagi calon pemudik agar rumah yang ditinggalkan kosong memasang penerangan di luar rumah.

Nasrudin mengingatkan agar warga yang hendak mudik menitipkan rumah kepada petugas keamanan setempat atau tetangga, bila ditinggalkan kosong.

Diimbau juga oleh Nasrudin agar warga memastikan rumah dikunci dengan baik, matikan kompor, dan lepaskan selang dan regulator dari tabung gas, serta mematikan alat-alat elektronik untuk menghindari terjadinya kebakaran.

“Juga waspadai kejahatan dengan modus penipuan, pencopetan, penjambretan dan pengancaman di kendaraan umum,” ujar Nasrudin mengingatkan.

Disarankan untuk tidak memakai perhiasan yang berlebihan dan jaga kesehatan. “Jangan lupa berdoa untuk minta perlindungan kepada Yang Maha Kuasa,” pungkasnya.

Berita: Pri | Foto: Istimewa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.