Adakan Pagelaran Tiap Minggu, Pengunjung Museum Wayang Terus Meningkat

Jakarta |
Adanya pergelaran berbagai wayang bergantian setiap Minggu, membuat peminat Museum Wayang di Kota Tua Jakarta bertambah banyak.

Hal ini dapat diketahui tiap Minggu pengunjung museum itu meningkat 2 sampai 3 kali lipat dibanding hari-hari biasa lainnya.

Kepala Satuan Pelayanan Museum Wayang Sumardi S.Sos mengungkapkan hal itu Minggu (10/12) sore.

Sebagai contoh kata Sumardi, pada hari Sabtu (9/12) pengunjungnya 1.695 orang, termasuk 27 orang wisatawan mancanegara (wisman), dengan mayoritas dari Spanyol.

Hari Minggu (10/12), jumlah pengunjungmya meningkat menjadi 2.819 orang, termasuk 18 orang wisman, yang sebagian besar dari Prancis.

Minggu kemarin digelar pertunjukan wayang kulit Surakarta dengan dalang Ki Jayadi yang mengambil cerita Wisanggeni Lahir.

Bagi pengunjung yang awam, sosok wayang kulit sendiri merupakan karya seni yang indah. Apalagi bagi orang yang menggemari wayang, lakon Wisanggeni.

Tokoh sangat sakti sejak kecil ini adalah anak Dewi Dresanala dengan Harjuna. Sementara Dresanala sendiri adalah anak Batara Brahma.

Memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW, Museum Seni juga menggelar wayang kulit sadad di Museum Wayang tersebut dengan dalang wanita, Nyi Rumiyati Anjang Mas dengan lakon Kali Walaka.

Wayang santri yang sejarahnya untuk penyebaran agama Islam oleh Sunan Kalijaga itu cukup mendapat perhatian pengunjung Museum Wayang.

Tercatat pengunjungnya saat itu mencapai 2.263 orang, termasuk 46 orang wisatawan mancanegara.

Berita: Pri | Foto: Istimewa/Pri

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *